Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manjakan Wisatawan, Dinas Pariwisata Provinsi Banten Tata Pantai Citarate

Banten, Perssigap88.co.id - Pantai Citarate di Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten, kini tengah ditata dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten, untuk memanjakan wisatawan menikmati indahnya pantai selatan dan bermain di tengah tenangnya aliran sungai (muara) Citarate.


Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Drs. M. Agus Setiawan A.W. M.Si, mengatakan, penataan dan penyediaan fasilitas wisata di pantai Citarate, Desa Cireundeu, Kecamatan Cilograng, merupakan salah satu dari lima destinasi wisata di Kabupaten Lebak bagian selatan yang tengah digarap Dinas Provinsi Banten. Untuk penataannya pada tahun 2021 sekarang ini. Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Pariwisata, Drs H Tb Ence Fachruroji.

Pantai ini salah satu destinasi wisata terbaik dan ideal yang bisa memberikan ketenangan jiwa, pikiran dan melepaskan semua rasa penat setelah lelah dengan rutinitas pekerjaan. Pantainya sangat indah dan landai, sementara sungai (muara)nya juga begitu tenang, sehingga wisatawan bisa memilih mau bermain di pantai ataupun di muara.

"Fasilitas penunjang wisata yang disediakan di pantai Citarate diantaranya, fasilitas camping ground, sepeda air, perahu kano, becak air dan fasilitas lainya," kata Tubagus Ence Fachruroji kepada Perssigap88.co.id, Minggu (12/09/2021).

Tubagus Ence menuturkan, untuk lebih memaksimalkan dalam penataan destinasi wisata wilayah Lebak Selatan di tahun mendatang, Dinas Pariwisata Provinsi Banten akan berbagi tugas dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lebak terkait fasilitas yang bisa digarap dan diberikan oleh Pemda sesuai dengan kewenangannya, sehingga dari sisi anggaran penataan bisa saling melengkapi.

Camat Cilograng, Hendi Suhendi, SIP  mengatakan, dengan dilengkapnya fasilitas penunjang pariwisata di kawasan destinasi Citarate diharapkan akan semakin  banyak pengunjung atau wisatawan yang datang ke wilayah selatan.

"Kecamatan Cilograng memiliki objek wisata yang berpotensi untuk dikembangkan. Selain pantai Citarate yang bisa dinikmati wisatawan, pantai Cibareno, Cireundeu, juga ada wisata air terjun Curugkanteh di Cikatomas," terang Hendi.

Tokoh pegiat wisata di Lebak Selatan, Erwin Komara Sukma, mengapresiasi dengan  penataan yang sudah dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Banten. Wisatawan yang datang ke pantai Citarate kini dimanjakan dengan fasilitas yang tersedia.

Menurut Erwin, pengelolaan destinasi wisata yang baik diperlukan koordinasi dengan berbagai pihak. 

"Dalam pengelolaan destinasi wisata di Banten Selatan, diperlukan sinergitas antara pengelola, penyedia kuliner, pengunjung dan Pokdarwis, terutama dalam memelihara dan menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan, sehingga pantai yang indah itu akan tetap asri," ujar Erwin.  


(Fay)



Wastap Redaksi : 085231450077


 

Posting Komentar untuk "Manjakan Wisatawan, Dinas Pariwisata Provinsi Banten Tata Pantai Citarate"

Pasang Iklan / Adv Bawah ini.