9 Rumah dan 1 Mushala di Cikate Dilalap si Jago Merah, Warga dan Petugas Sigap Membantu - www.perssigap88.co.id
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Rumah dan 1 Mushala di Cikate Dilalap si Jago Merah, Warga dan Petugas Sigap Membantu

Lebak (Banten), Perssigap88.co.id - Sebanyak 9 rumah dan 1 Mushola dilalap si jago merah. Musibah ini terjadi di Kampung Lebak Nangka, Rt 03 Rw 02, Desa Cikate, Kecamatan Cigemblong, Kabupaten Lebak - Banten, Kamis (25/02/2021) sekira pukul 17.20 WIB.


Kebakaran tersebut diduga dipicu oleh korsleting listrik di salah satu rumah warga yang  beratap daun rumbia dan merembet hingga melalap sembilan rumah warga dan satu buah mushola. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Danramil 0313/Malingping Kapt Arm Zainul Arifin, yang membawahi wilayah Kecamatan Cigemblong mengungkapkan keprihatinnya terhadap musibah yang menimpa warga Desa Cikate.

Untuk membantu para korban, Danramil sudah menginstruksikan anggotanya berkordinasi dengan pihak desa, Muspika, dan perangkat daerah terkait.

"Saya turut berduka. Untuk meringankan beban mereka, kami telah berkordinasi dengan semua pihak dan melaporkan kejadian ini ke dinas terkait," ujar Danramil 0313/Malingping, Kapt Arm Zainul Arifin.
 
Terpisah, H Encep, Koordinator Kebencanaan Kecamatan Cigemblong - BPBD Kabupaten Lebak yang langsung turun ke lokasi untuk memberikan bantuan, menjelaskan kepada Perssigap88.co.id. Dari kejadian itu menyebabkan sebanyak 5 buah rumah ludes terbakar (rusak berat) serta 4 rumah dan 1 buah Mushola rusak ringan.

"Kronologis kejadian pada sekitar jam 17.20 WIB telah terjadi Korsleting listrik di rumah Sdr. Pe'i sehingga membakar atap rumah yang terbuat dari  daun rumbia/kiray sehingga api membakar serta menjalar kesekitar rumah lainnya yang berjumlah sekitar 5 rumah, yang mana kelima rumah tersebut habis terbakar   dan rumah semi permanen yang terbuat dari kayu. Serta kebakaran tersebut mengakibatkan rusak ringan sekitar 4   rumah dan 1 mushola.
Perkiraan kerugian meteril dari kejadian tersebut  sekitar Rp 625.000.000,- dan untuk korban jiwa nihil," kata H Encep melalui pesan WhatsApp, Jum'at (26/02/2021).

Lokasi kejadian, kata dia, berada di perbukitan dan tidak ada sinyal telpon seluler sehingga menyulitkan melakukan pertolongan dengan cepat. Namun berkat kesigapan warga, relawan dan semua pihak, api bisa dipadamkan dengan alat seadanya.

"Api dapat dipadamkan oleh warga sekitar jam 18.10 WIB," tambah Encep.

Adapun rumah korban yang mengalami rusak berat itu yakni, Pe'i (64), Husen (48), Karis (62), Enur (63), dan Jamhadi (32).

Sedangkan korban yang mengalami rusak ringan yakni, Kadong (38),  
Dirja (42), Sarma (62), dan Jasria (54), serta Mushola   Al Iklas.
 
Sementara, Mumu Mahmudi, anggota BPBD Kabupaten Lebak yang standby di sekitar lokasi menginformasikan bahwa saat ini telah dilakukan tindakan oleh Polsek Cijaku bersama Koramil 0313/Malingping berkoordinasi dengan Muspika dan BPBD, serta pihak Kesehatan Kecamatan Cigemblong dan petugas PLN.

"Para korban/pemilik rumah yang terbakar saat ini ditampung oleh warga sekitar Kampung Lebak Nangka dibawah koordinasi petugas yang siaga," terang Mumu melalui pesan WhatsAppnya, Jum'at (26/02/2021).

Mumu menambahkan, "bantuan logistik kedaruratan sudah disalurkan oleh BPBD Kabupaten Lebak".


(Fay)






 

Posting Komentar untuk "9 Rumah dan 1 Mushala di Cikate Dilalap si Jago Merah, Warga dan Petugas Sigap Membantu"