Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

Aksi Konkrit Peduli Kawasan Laut, F-PTK Usung 5 Gerbang Tangguh

Pandeglang (Banten), Perssigap88.co.id - Sejumlah perkumpulan/ komunitas/ lembaga dan aktivis peduli pelestarian ekosistem laut, bergabung dalam Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK). 
Bersamaan dengan kegiatan refleksi 2 Tahun Tsunami Selat Sunda, Banten, Forum ini dikukuhkan sekaligus membentuk kepengurusan periode 2020 - 2025. 

Beberapa perkumpulan yang tergabung diantaranya, Perkumpulan Boedak Saung, MA Care, KAIPKA UK, AL Jagur, Ves Community bk, Ngaprak Banten, UNMA Banten, Laz Harfa, IOF, Fosal Sumur dan beberapa lainnya.

Pengukuhan kepengurusan F-PTK tersebut mengusung tema "Masyarakat Banten Tangguh Bencana" dengan lima gerakan membangun (Gerbang -red) Tangguh. 

Koordinator F-PTK Banten, Nurwata Wiguna mengatakan, dengan adanya forum yang merupakan gabungan beberapa lembaga yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas dan kapasitas. 
Karena, untuk menuntaskan segala ketimpangan sosial, khusunya dalam bidang lingkungan diperlukan kerjasama dari seluruh lapisan. 

"Disini banyak berbagai organisasi yang masuk. Ada yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, ada ke lingkungannya. Nah nanti satu visi dan misi yang akan dijadikan kedalam satu tujuan," ucap Nurwata, Minggu (27/12/2020). 

Dikatakannya, saat ini untuk program yang nantinya bakal digalakan dalam gerakan jangka panjang dan jangka menengah terdapat lima gerakan. 

"Gerakan membangun ketangguhan keluarga dan masyarakat, membangun ketangguhan pangan lokal, membangun ketangguhan ekosistem darat, pesisir dan laut. Membangun ketangguhan institusi atau kelembagaan. Membangun ketangguhan supra dan infrastruktur kebencanaan," katanya. 

Salah satu bukti konkret, F-PTK sudah melakukan  penanaman terumbu karang di beberapa perairan yang ada di wilayah Pandeglang. 

"Sebelumnya sudah dilakukan penanaman terumbu karang di Kecamatan Sumur, Pulau Liwungan dan beberapa perairan. Karena, saat ini hanya beberapa saja yang peduli terhadap keberlangsungan terumbu karang. Padahal, saat ini membutuhkan perhatian khusus," tandasnya.

Ketua Umum Perkumpulan Boedak Saung, Mardiana Tirtalaksana menyatakan, bergabungnya di F-PTK semata-mata karena visi - misi yang sama. 

"InsyaAllah, kedepan kita akan sama-sama berkontribusi, khususnya untuk ekosistem laut dan lingkungan. Karena Banten, khususnya Pandeglang merupakan daerah rawan bencana yang memiliki bentangan pantai yang cukup panjang. Ini butuh perhatian bersama," imbuhnya.



 (Fay/sul)









Post a comment for "Aksi Konkrit Peduli Kawasan Laut, F-PTK Usung 5 Gerbang Tangguh"

"Aneh" Preman Kampung Di Sampang Aniaya Dua Wanita Lansia
Bye WhatsApp, Warga Net Bansel Hijrah Aplikasi
Tambal Sulam Jalan Nasional Diduga Dikerjakan Asal-asalan Diprotes Warga
Kabupaten Sampang Yang Ugal-Ugalan Dan Tidak Taat Aturan Covid
Disaat Rakyat Susah, Bantuan UMKM di Pandeglang Diduga Disunat Oknum