Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

H.Jaharuddin Siregar SE Laksanakan Reses Perdana Anggota DPRD Kabupaten Paluta Masa Jabatan 2019-2024

PERSSIGAP88.CO.ID | Paluta --H.Jaharuddin Siregar SE atau Lebih dekat di sapa bang Chikles Salah satu Anggota DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) ketua Komisi A DPRD Paluta dari Praksi Partai Golongan Karya (Golkar) Laksanakan Reses Perdana Sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor : 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pasal 87 Ayat 4 yang intinya menyebutkan bahwa setiap masa persidangan Anggota DPRD melakukan reses mengunjungi Konstituen di Daerah pemilihannya guna menyerap aspirasi masyarakat, Reses perdana untuk Anggota DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).Bang Chikles dalam masa jabatan 2019-2024 yang di laksanakan di Desa Sigama Simanosor Kecamatan Padang Bolak. kamis 19/12/2019.

Pelaksanaan Reses Anggota DPRD masa persidangan I Tahun 2019/2020 terhitung dari 18-12 Desember 2019 selama 7 (Tujuh) hari kerja ke Daerah Pemilihan Masing- masing.

Tujuan Reses ini adalah suatu kegiatan anggota DPRD yang dilaksanakan 3 (tiga) kali dalam setahun guna menyerap dan mengklobasikan semua aspirasi masyarakat sesuai dengan program bupati kabupaten padang lawas utara Andar Amin Harahap.S.STP. M.Si khususnya dilakukan di Daerah Pemilihannya agar pembangunan yang dilaksanakan di desa-desa dapat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat sehingga apa yang dilakukan Pemerintah di pedesaan dapat dinikmati secara langsung dan reses juga merupakan bentuk sosialisasi rencana pembangunan dan hasil pembangunan, sosialisasi tugas dan fungsi DPRD serta menyerap dan menampung  semua aspirasi / usulan masyarakat serta menginventarisasi permasalahan yang ada secara langsung (Humas Setwan/Pattis Siregar SE.).

Reses perorangan yang ia laksanakan yang dihadiri ratusan masyarakat di daerah pemilihannya, yakni Desa Sigama Simanosor, Sigama Parlimbatan dan Desa Sigama Ujung Gading. Dalam kegiatan reses juga turut dihadiri Humas sekwan DPRD Paluta Bapak Pattis Siregar SE.

H.Jaharuddin Siregar SE dalam Sambutannya menyampaikan, reses yang dilaksanakan menjadi suatu kewajiban bagi setiap anggota DPRD. Kegiatan reses ada yang dilakukan secara perseorangan, dan  ada juga yang dilaksanakan  secara berkelompok. Namun demikian intinya sama, yakni  bagaimana wakil rakyat menjemput aspirasi konstituennya, terkhusus di daerah pemilihan masing-masing.

“Apapun aspirasi dan masukan yang disampaikan dalam reses, tentu menjadi bahan masukan bagi kami untuk ditindaklanjuti dan dibahas bersama pemerintah daerah melalui SKPD terkait,” kata H.Jaharuddin Siregar SE. yang juga selaku Ketua MPC PP Kabupaten Paluta.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dari tiga desa, khususnya masyarakat di Kecamatan Padang Bolak atas kepercayaan yang diberikan pada Pileg 2019. “Atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan itu, maka saya diamanahkan untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di Parlemen” kata politisi Golkar ini.

Menurutnya, kegiatan reses yang dilaksanakan anggota dewan ini menjadi  salah satu pintu masuk bagi masyarakat untuk menyampaikan berbagai usulan pembangunan kepada wakilnya di DPRD untuk disampaikan kepada pemerintah daerah. “Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan kegiatan reses yang dilaksanakan oleh anggota dewan ke daerah pemilihannya masing-masing,” tukasnya.

Dalam reses yang ia laksanakan itu, sejumlah masyarakat menyampaikan aspirasi terkait dana bantuan sosial yang diharapkan dapat mengalir kepada warga. Selanjutnya warga juga menyampaikan terkait bantuan bagi warga beberapa usulan mulai dari Akses Jalan, Pendidikan,Kesehatan,maupun di bidag Pertanian dan Peternakan demi meningkatkan Prokonomian Masyarakat.

Dilain sisi, warga juga mengharapkan adanya penambahan honor bagi Guru Paud dan Kader Posyandu serta  peremajaan kelengkapan sarana prasarana posyandu. Sementara itu warga meminta kepada pemerintah daerah untuk dapat merehab/ merenovasi gedung Sekolah

Pendidikan Anak Usia Dini.(Paud).yang ada di desa sigama ujung gading.

“Berbagai usulan dan asiprasi yang disampaikan masyarakat itu,akan kita akomodir dan akan kita tindaklanjuti untuk dilakukan pembahasan bersama pemerintah daerah. Dalam reses yang digelar, sebagaimana kita bisa menjemput aspirasi masyarakat ini,” tutup Chikles.



Ongkoe Harahap