Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bantuan Jambanisasi Di Pemkab -Cilacap Rawan Penipuan

CILACAP perssigap88.co.id – Pengerjaan proyek Jambanisasi salah satunya yang terjadi di Desa Sawangan, Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap Jawa tengah, Rawan penipuan oleh oknum tertentu.


Hal tersebut berdasarkan Nara sumber Media Online Perssigap88.co.id, bantuan warga miskin yang diterima Sejumlah 50 KK, rawan penipuan terhadap Bantuan Rp. 400jutaan, Dan pengerjaanya dilaksanakan tidak transparan, Sesuai dengan Adanya Petunjuk teknis yang dirahasiakan. 

Selain itu juga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Jambanisasi terjadi adanya pungutan kepada masing-masing Penerima, mereka dipungut biaya Rp. 25ribu Minggu 13/8/2023.

Dan parahnya lagi bahwa Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Selaku Pelaksana Tidak memiliki Rencana anggaran Belanja atau (Juknis), Hal itu diungkapkan Ketua KSM Rojikin, Dan yang pesan matrial kepala desanya, pada Saat ditemui Rabu, 16/8/2023.

Ditempat yang sama pendamping Bantuan Jambanisasi ikut menjelaskan, Terkait RAB KSM Sawangan Makmur, Sudah terima melalui Group Whatsap KSM dalam bentuk PDF Kata Team Pendamping Dirumahnya Ketua KSM Rabu 16/8/2023.

Lebih lanjut Pendamping Ikut menjelaskan terkait pemotongan Pajak, Dananya setelah terkumpul akan diberikan Toko Bangunan Dan Terkait dengan RAB tidak boleh di informasikan oleh pihak Dinas, Dan Menyarankan Silahkan tanyakan Ke dinas Kata pendamping.

Adapun terkait dengan pengadaan Septic Thank dikatakan Kepala desa Bahwa Dari Dinas, Tidak dibenarkan melainkan Permintaan kepala desa Karena Tidak mampu pengadaan barang tersebut, Karena sesui Spesifikasi Tegas team pendamping.

Sebelumnya Kepala desa sunar saat diminta Keteranganya Mengatakan Bahwa pelaksanaanya KSM Sawangan Makmur, Dan Desa hanya menjembatani, Bahwa semua sudah sesuai RAB, Silahkan Tanyakan Ke Ketua KSM dan Toko bangunan pemesan Material, Seolah Tidak Ikut Campur.

Padahal dari keterangan Ketua KSM sendiri mengatakan tidak pernah melihat langsung RAB selaku yang bertanggung Jawab, Dan tidak sesuai dengan yang di sampaikan Sunar Kepala desa sebelumnya, Dan sepertinya dari awal  Sudah Kompak untuk Merahasiakan Petunjuk Teknis, Dan semua mengatakan larangan dari dinas.

Jika dilihat dari masing-masing keterangan dari mereka diatas, Patut diduga bahwa bantuan jambanisasi Terjadi adanya penipuan, Karena aturan mainnya atau Juknis sengaja di rahasiakan, Dan diduga Pejabat Dinas Ikut Terlibat.

Terbukti bahwa Material yang dipesan tidak sesuai dengan Yang di sampaikan sebelumnya oleh Kepala Desa, Sejauh mana keterlibatan Dinas dalam hal Pengerjaan Jambanisasi yang saat ini sedang berlangsung dikerjakan.


Mros/red



Wastap Redaksi : 085231450077


 

Posting Komentar untuk "Bantuan Jambanisasi Di Pemkab -Cilacap Rawan Penipuan"

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet