Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Literasi Mempermudah Generasi Dalam Menyerap Berbagai Kebutuhan Informasi

Jakarta, Perssigap88.co.id - Tak kenal bosan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia memberikan pemahaman tentang dunia industri informasi.
 

Kali ini Dirjen Aptika  Kemenkominfo kembali menggelar literasi digital melalui webminar ngobrol bareng legislator, dengan tema "Literasi untuk Mengelola Informasi", Sabtu, (15/04/2023).

Dalam webminar yang diikuti ratusan peserta tersebut, hadir 3 (tiga) nara sumber yakni Hilary Brigitta Lasut (Anggota Komisi I DPR RI), Chadafi Leisubun (Wakil Ketua Bidang Pertahanan dan Keamanan, DPD KNPI Provinsi Maluku), Husin Rahajaan (Ketua Ansor Maluku Tenggara), serta Afina Damayanti sebagai Moderator, dan Naila Nurhaliza sebagai Master Of Ceremony. 

Acara dibuka oleh Samuel Abrijani Pengerapan (Dirjen Aptika Kominfo) dengan menampilkan Tari Gending Sriwijaya.

Tampil sebagai nara sumber pertama, Husin Rahajaan, Ketua Ansor Maluku Tenggara. Menurutnya, ini salah satu program yang dibuat oleh Infokom untuk memudahkan generasi dalam menebar hal-hal yang baik.

"Literasi informasi sebagai kemampuan untuk memerlukan kebutuhan informasi, termasuk didalamnya memahami perpustakaan diorganisasikan," kata Husin.

Dikatakannya, keterampilan literasi informasi diperlukan untuk membentuk pribadi yang mampu belajar mandiri dan berkesinambungan, mampu memahami strategi pencariannya, memiliki kemampuan untuk mengevaluasi, memanfaatkan, mengkomunikasikannya dan menghasilkan suatu produk informasi yang baru.

"Literasi informasi bertujuan untuk memudahkan dalam melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan kegiatan informasi," jelas Husin.

Sementara, Chadafi Leisubun, dalam penyampaian materinya menuturkan, sebuah kutipan dari John Naisbitt "We are drowning in information but starved for knowledge".

"Kita hidup di era dimana kita kebanjiran informasi, tapi kita miskin pengetahuan, situasi ini bisa dibilang tenggelam dalam situasi tanpa ditopang dengan ilmu pengetahuan, sehingga kita tidak bisa memilah-milah. Menurut saya, topik kegiatan  ini sangat bagus," katanya.

Diakuinya, di era teknologi informasi yang kian pesat maka literasi bukan sekedar membaca, menulis, menghitung, mendapatkan ide untuk memecahkan masalah, "Tapi juga kemampuan mengakses, menggunakan dan mengevaluasi setiap informasi dengan tepat," kata Chadafi.

Nara sumber ketiga, Hillary Brigitta Lasut, Anggota Komisi I DPR RI, mengatakan, saat ini untuk berkembang membutuhkan para tenaga pengajar mampu mendidik Literasi kepada siswa.

"Sudah banyak yang menerapkan konsep literasi, kita berharap masyarakat bisa semakin hari dapat mewujudukan yang namanya pembelajaran seumur hidup. Terkait literasi informasi sudah seharusnya menjadi kemampuan seseorang saat ini. Jangan sampai kita mudah termakan hoax ataupun berbagai macam informasi yang menyesatkan," jelasnya.


 (Fay)



Wastap Redaksi : 085231450077


 

Posting Komentar untuk "Literasi Mempermudah Generasi Dalam Menyerap Berbagai Kebutuhan Informasi"

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet