Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proyek Lapen Jalan di Desa Sukamanah Kembali Diperbaiki

Banten, Perssigap88.co.id - Proyek pengaspalan jalan lapisan penetrasi (Lapen) berlokasi di Kampung Pasirgeleng RT 002 RW 001, Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, kini sudah diperbaiki kembali.


Jalan tersebut sebelumnya sudah dikerjakan namun di beberapa titik mengalami kerusakan akibat dijadikan jalan alternatif untuk menghindari kemacetan lantaran ada pengecoran jalan Nasional III ruas jalan Simpang - Bayah. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Sukamanah, Alek Hemi.

Kepada media, Alek Hemi mengatakan, jalan tersebut sebelumnya sudah selesai dikerjakan, namun karena ada pengecoran jalan Nasional III di Simpang, maka banyak mobil bermuatan berat menghindari macet sehingga masuk ke jalan tersebut yang berakibat mengalami kerusakan.

"Sebenarnya jalan itu sebelumnya sudah selesai dikerjakan, namun karena banyak mobil yang bermuatan berat yang masuk jalan untuk menghindari kemacetan karena ada pengecoran jalan Nasional III di Simpang dan kebetulan musim hujan, sehingga jalan pun menjadi rusak," kata Alek, Kamis (12/01/2023).

Kepala Desa Sukamanah itu juga mengatakan, sesuai yang dijanjikan bahwa jalan akan diperbaiki kembali, dan ia pun sudah melakukan perbaikan jalan tersebut.

"Hari ini kami bersama TPK menurunkan alat berat untuk kembali mengerjakan perbaikan jalan Lapen di Kampung Pasirgeleng RT 002 RW 001, semoga khususnya masyarakat Desa Sukamanah bisa menikmatinya," ujarnya.

Sementara, Undin Nuryadin, S.T., Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kecamatan Malingping, menuturkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan jalan. Ia juga mengatakan pelaksanaan pengerjaan perbaikan jalan tersebut disesuaikan dengan kondisi cuaca.

"Kerusakan jalan terjadi oleh beberapa faktor, baik teknis maupun non teknis. Berdasarkan hasil sertifikasi, memang kita rekomendasikan untuk dilakukan perbaikan, dan ada kesanggupan dari pihak TPK dan Desa yang dituangkan dalam Surat Pernyataan Kesanggupan Menyelesaikan Pekerjaan (SPKMP). Tapi mengingat kondisi cuaca yang tidak memungkinkan saat akhir tahun kemarin makanya belum dilaksanakan perbaikan. Namun pada hari ini pihak TPK dan Desa Sukamanah sudah melakukan perbaikan jalan tersebut," ungkapnya.

Untuk diketahui, proyek jalan Lapen tersebut berasal dari anggaran Dana Desa APBDes - P TA 2022 sebesar Rp 79.559.300,- dengan Lebar 2,50 meter dengan panjang 262 meter. 


 (Fay_red)


Wastap Redaksi : 085231450077


 

Posting Komentar untuk "Proyek Lapen Jalan di Desa Sukamanah Kembali Diperbaiki"

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet