Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Poktan di Banten Selatan Digandeng PT ABM Gunakan Teknologi Drone Spray Budidaya Padi 100 Hektar

Banten,  Perssigap88.co.id - PT Agrobisnis Banten Mandiri (Perseroda), Badan Usaha Milik Provinsi Banten menggandeng kelompok tani wilayah Banten Selatan yaitu Poktan Sidamulya 1, Poktan Harapan Tani, Poktan Sahabat Tani dalam budidaya padi seluas 100 hektar di Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yakni di Desa Cipedang, Parungsari, dan Cikeusik, Rabu (27/04/2022).


Pada kegiatan tersebut para kelompok petani berperan sebagai penerima manfaat dari kerjasama ini, sedangkan Pemerintah Provinsi Banten melalui PT ABM menyediakan benih serta paket pestisida yang berkuwalitas dengan didukung teknologi milik CV Kita Berkah Bersama agar mengoptimalkan hasil panen yang berkualitas.

Direktur Utama PT ABM H Saeful Wijaya, setelah memberikan sambutan pada acara tersebut mengatakan, kerjasama itu dilakukan untuk menjaga kualitas dan stabilitas hasil pangan.

" Kegiatan kerjasama ini merupakan langkah awal dari bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh PT ABM sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Banten sesuai dengan Perda Nomor 11 Tahun 2019 tentang pembentukan perusahaan perseroan daerah agrobisnis yang salah satu tujuan dibentuknya BUMD ini adalah menjaga stabilitas harga pangan daerah, melindungi hasil pertanian dan menstabilkan harga pangan agar terjangkau masyarakat. Serta menjalankan visi perusahaan yaitu menciptakan rantai bisnis baru khususnya di bidang padi/beras yang terpadu dan memberdayakan," ujarnya.

Sementara, Ilham Mustofa, selaku Direktur Operasional PT ABM mengungkapkan manfaat yang bisa didapat oleh petani dari adanya kerjasama tersebut.  

" Secara operasional akan mendapatkan manfaat berupa benih yang berkualitas, manfaat kedua yaitu petani akan mendapatkan paket pestisida yang berkualitas, serta pendampingan teknologi oleh CV Kita Berkah Bersama serta hasil panen akan diserap oleh PT ABM yang kedepannya bisa masuk ke industri yang sedang siapkan oleh PT ABM  yaitu Agro Banten Rice Mill Industry (ABRI) yang akan kita bangun di wilayah Banten Selatan dan Banten Utara," tuturnya.

Di sisi lain, Moh Taufan, dari CV Kita Berkah Bersama berupaya membantu masyarakat dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian. 

" Selaku support sistem dalam teknologi pertanian yang akan di aplikasikan oleh petani dalam budidaya padi yaitu menggunakan Paket Bayer Padi Plus dan Benih bersertifikat sehingga lebih terukur, terarah dan tertata. Sehingga pada akhirnya produktivitas hasil petani meningkat dan petani lebih sejahtera," terangnya. 

Dilain pihak, salah seorang petani Desa Cikeusik, Widio mengucapkan terimakasih atas bantuan yang dan pendampingan yang telah diterimanya.

" Alhamdulillah dengan adanya bantuan permodalan berupa pestisida dan benih dari PT ABM dan Pendampingan dari CV KBB dan Bayer kami merasa lebih terarah dan terbantu. Mudah-mudahan hasilnya nanti bisa meningkat dan untung banyak," ucapnya.

Kegiatan yang dilakukan para pegiat pertanian tersebut berjalan lancar dan ditutup dengan menyaksikan secara bersama-sama pemupukan pestisida menggunakan teknologi drone (drone spray) pada lahan petani mitra seluas 100 hektar tersebut. 

  (Fay)


Wastap Redaksi : 085231450077


 

Posting Komentar untuk "Poktan di Banten Selatan Digandeng PT ABM Gunakan Teknologi Drone Spray Budidaya Padi 100 Hektar"

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet