Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keluar Usus Dari Perut, Balita Berusia 3 Tahun Butuh Uluran Tangan

Banten, Perssigap88.co.id - Balita berusia 3 tahun, Madnur Raffa sangat memilukan. Anak dari pasangan Ace Sururi dan Wati Susilawati, sudah hampir dua tahun  mengidap penyakit Hirschsprung (tidak memiliki syaraf di anus-red). 


Orang tua anak warga Kampung Wanasari, Desa Sukatani, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ini tak mampu membiayai pengobatan, lantaran penghasilan mereka hanya mengandalkan hasil berjualan soto di Pasar Binuageun, Desa Muara, Kecamatan Wanasalam. Oleh karenanya pihak keluarga berharap ada uluran tangan dari para dermawan.

Wati Susilawati, ibunda Madnur Raffa menuturkan, pada usia satu tahun anaknya mengalami kembung perut disebabkan sulitnya untuk Buang Air Besar (BAB) hingga menimbulkan garisan urat-urat biru dibagian perutnya dan sekarang ususnya terburai keluar.

"Saat itu sudah sempat dioperasi, pada tahun 2019, seharusnya masuk lagi untuk tindak lanjutnya, tapi pihak rumah sakit menyarankan jangan ke rumah sakit dulu karena pandemi takut tertular, makanya saya juga takut jadi tidak dilanjutkan lagi pengobatannya," ujar Wati, Selasa (08/06/2021).

Kata Wati, dirinya dan keluarganya hanya bisa mengobati Madnur Raffa di rumah dengan kemampuan seadanya. Namun, hal itu ternyata tidak bisa menyembuhkan penyakit anaknya tersebut.

Bahkan saat ini, hampir setiap hari anaknya tersebut mengalami kesakitan di bagian perut yang ususnya keluar.

"Kami sangat berharap Madnur bisa dibawa berobat ke rumah sakit. Tapi bagaimana mungkin, lantaran kami tidak memiliki biaya. Untuk makan sehari-hari saja kami pas-pasan," ungkap Wati sambil menangis.

"Saat ini kami hanya bisa pasrah dan berharap adanya uluran tangan, baik dari pemerintah atau donatur, sehingga anak kami ini bisa terobati," keluhnya.

Sementara itu, Danramil 0313/Malingping, Kapten Arm Zainul Arifin ketika mendengar informasi tentang adanya seorang anak penderita Hirschsprung, yang kini terbaring dalam keadaan sakit dan butuh uluran tangan, dirinya langsung mengunjungi kediaman Madnur Raffa dan kordinasi dengan pihak Desa Sukatani, serta Muspika Kecamatan Wanasalam.

"Informasi tersebut sangat mengusik naluri kemanusian saya. Untuk itu saya kordinasi dengan pihak Muspika dan desa, guna menindak lanjutinya," ujarnya.

Hal yang sama dilakukan Camat Wanasalam, Sukanta. Pihaknya langsung berkondinasi dengan pihak Puskesmas Binuangeun.

"Kami sudah konsultasi dengan pihak Puskesmas. Untuk sementara BPJSnya diaktifkan lagi dan segala tunggakan BPJS sudah dibayar oleh Kepala Desa Sukatani," kata Camat.

"Untuk teknis pemeriksaan dan lain sebagainya, akan diserahkan kepada pihak Puskesmas. Jika nanti akan dirujuk kemana, semua tergantung dari pihak Puskesmas," sambungnya.

Nana Asyiri, Kepala Desa Sukatani membenarkan jika dirinya telah membayarkan tunggakan BPJS agar bisa diaktifkan kembali.

"Pihak Desa terus berupaya guna memberikan pengobatan Madnur Raffa, karena ini adalah tanggung jawab kita semua," katanya.




 (Fay)





 

Posting Komentar untuk "Keluar Usus Dari Perut, Balita Berusia 3 Tahun Butuh Uluran Tangan"

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet