Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktivis Tuding Ilegal Logging di Wilayah Bayah Terkesan Di Biarkan

Banten, Perssigap88.co.id - Seorang aktvis lingkungan asal Lebak Selatan (Baksel) Rahmat, meminta Asisten Perhutani (Asper) Bayah turun tangan untuk menertibkan kegiatan dugaan ilegal logging di wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.  Di area hutan lindung itu banyak ditemukan aktivitas yang diduga pencurian kayu oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan terkesan dibiarkan.


Disebutkan, adanya kegiatan penebangan kayu di wilayah Perhutani Bayah tersebut telah luput dari pengawasan pihak yang berwajib. Hal itu membuat aktivis lingkungan Baksel sangat geram, mengingat kegiatan itu akan merusak hutan dan akan mengancam terjadinya bencana alam. 

Kepada wartawan, Rahmat mengatakan bahwa pihak yang memiliki kewajiban menjaga kelestarian hutan di wilayah Perhutani BKPH Bayah sama sekali tidak melakukan tindakan apapun. Padahal menurutnya, di sana banyak terjadi kegiatan ilegal yang akan mengancam keberlangsungan ekosistem hutan.

"Saya sudah banyak menemukan pelanggaran di dalam hutan lindung di BKPH Bayah. Saya sudah melaporkannya ke Asper, tapi tidak ada tanggapan. Atau mungkin pihak kehutanan juga terlibat dalam kegiatan ilegal itu," kata Rahmat, saat ditemui di kediamannya. Rabu, (02/06/2021). 

Rahmat menjelaskan, hasil investigasi dirinya, ditemukan adanya dugaan kegiatan ilegal logging. Tidak hanya itu, Rahmat menuding, bahwa aktivitas melanggar aturan tersebut sengaja dibiarkan oleh Asisten Perhutani (Asper) Bayah. 

"Saya tidak bicara omong kosong atau mengada-ada, faktanya saya bersama masyarakat melihat sendiri, seperti penebangan kayu mungkin jenis jati. Selain itu, di area Perhutani juga marak tambang batu bara ilegal. Mana mungkin kegiatan seperti itu tidak diketahui oleh Asper. Untuk itu saya minta agar Asper segera turun tangan melaksanakan kewajibannya," ujar Rahmat. 

Terpisah, saat dikonfirmasi media, kaitan dengan dugaan kegiatan ilegal logging di wilayah BKPH Bayah, Asper Bayah Ateng, malah memberikan pertanyaan balik kepada wartawan. "Kayu apa jenisnya? Siapa pelakunya atau pencurinya? Dari mana tau anda itu kayu pencurian?," tukas Ateng, via pesan WhatsApp. 



(Red) 




 

Posting Komentar untuk "Aktivis Tuding Ilegal Logging di Wilayah Bayah Terkesan Di Biarkan"

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet