Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Kemajuan Sekolah Jadikan Pendidikan Sebagai Ladang Amal

Banten perssigap88.co.id - Tidak semua lembaga pendidikan bisa berkembang maju dengan cepat. Hambatan dan rintangan sudah pasti ada, terlebih sekolah swasta yang hanya modal nekat banyak yang gulung tikar. Tentunya, itu semua sangat tergantung pada kiat managerial para pengelolanya sendiri serta daya dukung stakeholder masyarakat dan pemerintah. 

Namun demikian, tidak kurang lembaga pendidikan yang berkembang pesat karena niat yang didasari amal pahala. Salah satunya adalah Sekolah Menengah Kejuruan Bina Insan Mandiri yang berlokasi Jl Raya Saketi-Malingping Km 36, Kampung Ciseda, Desa Bojongjuruh, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Banten.

Sekolah swasta yang berdiri 13 tahun lalu dibawah naungan Yayasan Bina Citra Insani (YBCI) ini patut diapresiasi lantaran dinilai punya prestasi. Dalam kurun waktu selama ini, SMKS BIM terlihat mandiri serta memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan diminati para siswa dari berbagai wilayah sehingga sudah meluluskan ratusan siswa-siswi yang siap kerja.

"Kuncinya adalah kita harus ikhlas dan jangan melihat pendapatan karena pendidikan merupakan bagian amal untuk kelak kita bawa ke akhirat. Selain itu, dalam pengelolaan sekolah harus transparan termasuk keuangan," kata Drs Chasan Supardi, Ketua YBCI saat berbincang dengan wartawan, Kamis (01/04/2021). 

"Ada tiga unsur yang harus kita tempuh dalam transparansi keuangan  yakni, unsur pengelola sekolah, orang tua siswa, dan masyarakat. Tentunya secara kedinasanpun kita harus benar-benar tertib administrasi," lanjut Chasan Supardi.

Terpisah, Eros Herlina, S.E., M.Ak., Kepala SMKS Bina Insan Mandiri, menjelaskan, di tahun 2021 ini tercat ada 231 orang siswa dan 25 orang pendidik dan tenaga kependidikan di SMKS BIM.

"Dalam kondisi pandemi covid-19 ini tentunya metode pembelajaran pun melalui daring (dalam jaringan), namun demikian pihaknya pun menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler dan minat bakat siswa yang kondisinya diterapkan sesuai dengan protokol kesehatan," jelas Eros Herlina, Jum'at (02/04/2021).

Berdiri sebagai sekolah swasta, lanjut Eros, tentunya banyak hal yang harus dilakukan demi mengembangkan sekolah ini.

"Untuk itu, saya terus berupaya menjalin komunikasi dan menggali peluang-peluang agar sekolah ini bisa terus meningkat dan maju, Alhamdulillah rencananya tahun ini kami juga akan diberikan bantuan berupa Gedung Balai Latihan Kerja. Ini merupakan sebuah support yang harus kami laksanakan serta apresiasi," kata Eros. 

Lebih lanjut Eros menerangkan, ada 3 jurusan di sekolah yang ia pimpin. Yakni, Bisnis Daring Pemasaran, Akuntansi Lembaga Keuangan, dan Multimedia dengan menggunakan Kurikulum 13.

"Sebagai pihak penyelenggara yang diberikan amanah oleh pihak Yayasan, tentu saja kami harus benar-benar berupaya mampu untuk mencapai visi misi sekolah kami. Yang terpenting adalah bagaimana siswa kami mampu berdaya saing kerja serta memiliki etika dan ketaatan dalam menjalankan ibadah agama. Karena, sejatinya sekolah kejuruan adalah mempersiapkan lulusan yang siap untuk bekerja. Selain itu, ketika mereka melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi pun kami berharap mereka bisa sambil berdikari dan mengimplementasikan ilmu yang didapat di SMKD BIM ini," terangnya.

Dipenghujung wawancara, wanita yang pintar main seni budaya 'debus' ini berharap agar seluruh pihak turut serta membantu untuk kemajuan SMKS BIM.

"Saya bersyukur hingga hari ini sekolah kami terus meningkat, semua itu tak lepas dari kontribusi semua pihak. Terutama support yang diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten. Semoga kedepan sekolah ini bisa lebih maju dan menarik minat para orang tua untuk menyekolahkan putera-puterinya di sekolah kami," pungkas Eros, yang diketahui juga merupakan Ketua MKKS SMK Swasta.


(Fay_red).





 

Posting Komentar untuk "Kunci Kemajuan Sekolah Jadikan Pendidikan Sebagai Ladang Amal "