Perbedaan Antara Media Pers Dengan Media Sosial - www.perssigap88.co.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

Perbedaan Antara Media Pers Dengan Media Sosial

Oleh: 
Lesman Bangun
(Ketua SMSI Provinsi Banten)

Banten, Perssigap88.co.id - Keberadaan media online saat ini yang dibarengi dengan merebaknya pengguna media sosial (medsos) dianggap masyarakat pembaca hampir sama. Masalahnya, tidak semua orang faham antara product jurnalistik dengan product medsos yang bersifat informasi.
Perbedaan utama produk pers dengan media sosial adalah apa yang dihasilkan. Oleh pers disebut berita, sementara apa yang keluar di media sosial adalah informasi.

Berita harus diolah oleh wartawan yang memiliki kompetensi yang terukur, sementara produk media sosial bisa ditayangkan oleh siapa saja tanpa memandang latar belakang.

Kemudian cara kerja pers memiliki tim yang disebut dengan redaksi dengan standar yang ketat, sementara media sosial lebih kepada pribadi sehingga sifatnya perorangan.

Berikutnya, terkait dengan pertanggungjawaban dalam pers ada jenjang mulai dari pemimpin redaksi hingga wartawan, sedangkan untuk media sosial tidak ada dan dapat disebarkan kapan pun oleh siapa saja.

Produk pers memiliki batasan yang disebut dengan Kode Etik Jurnalistik, sedangkan media sosial tidak terikat batasan apapun.

Wartawan adalah profesi dan terikat kepada kode etik, sedangkan media sosial bukan profesi jadi tidak terikat kepada apapun.

Produk pers harus memiliki badan hukum minimal berbentuk Perseroan Terbatas (PT) sebagai legalitas mengacu kepada standar perusahaan pers yang ditetapkan Dewan Pers.

Produk pers memiliki identitas yang jelas dan bisa ditelusuri, sedangkan media sosial dapat saja identitas dipalsukan atau hari ini ada orang yang menyebarkan informasi tapi besok sudah hilang.

Media sosial itu bukan produk pers, karena memiliki perbedaan yang jelas. 


(Fay)








Post a comment for "Perbedaan Antara Media Pers Dengan Media Sosial"

Sejumlah Tokoh dan Warga Bayah Tolak Rencana PT GMC Sedot Pasir Emas
Nelayan Usir Paksa Kapal Sedang Ngebor di Laut Bayah
Polusi PT. Griya Mandiri Perkasa Cemari Lingkungan Warga Kibin
Hujan Tak Halangi Satgas Covid-19 Cilacap Melakukan Operasi Masker
Diduga Takut Di Periksa, Pokmas Kulit Putih Desa Angsokah Sampang Malah Cabut Prasasti