Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

Antisipasi Bertambahnya Kasus Covid-19 PKM Cihara Gencarkan Penyuluhan Masyarakat

Banten, Perssigap88.co.id - Dengan telah terkonfirmasinya dua kasus pasien Covid-19 dan dilakukannya uji swab terhadap warga di Kecamatan Cihara yang pernah kontak erat dengan pasien dimaksud menambah kerja ekstra Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak.


Terkait hal tersebut, Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, melakukan penyuluhan kepada masyarakat yang berada di wilayah kerja PKM Cihara pada Jum'at (12/06/2020).

Kepala PKM Cihara, Hermansyah kepada wartawan mengungkapkan bahwa kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan menjadi bagian terpenting untuk dapat memutus penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang hingga saat ini belum mereda.

Namun untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat itu, kata Herman, perlu dilakukan dorongan yang terus-menerus oleh semua pemangku kepentingan. Maka dengan itu, pihaknya bersama dengan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kecamatan Cihara, terus melakukan sosialisasi dan memberikan penyuluhan terkait protokol kesehatan dan pola hidup sehat kepada masyarakat di wilayah tugasnya.

"Kita terus berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 ini, salah satunya dengan terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan, agar masyarakat dapat selalu waspada serta mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah," kata Herman.

Lanjut Herman, menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari dimasa pandemi ini merupakan sebuah perilaku yang terpuji. Karena menurutnya, dengan seseorang menerapkan protokol kesehatan, sama halnya dia telah berbuat baik kepada dirinya sendiri dan orang di sekitarnya.

"Dalam penyuluhan itu kami juga terus mengimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Namun kami juga meminta agar masyarakat tidak terlalu panik, tetapi tetap waspada dengan cara menghindari kerumunan, jaga jarak, pakai masker saat keluar rumah dan sering cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir," tuturnya.

Untuk diketahui, sampai saat ini di Kecamatan Cihara sudah dua kasus terkonfirmasi positif virus Corona, satu kasus sudah dinyatakan sembuh dan satu lagi tengah menjalani isolasi mandiri," ujarnya. 




(Fay/tim)