Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

Tingkatkan Budaya Islami, Kelurahan Purwakarta Kota Cilegon Gelar STQ

Cilegon-Banten, Perssigap88.co.id -  Lurah Kelurahan Purwakarta, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Banten bersama Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran (LPTQ) Unit Kelurahan Purwakarta menyelenggarakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) berlangsung di halaman kantor kelurahan setempat, Minggu (01/03/2020). Kegiatan ini  digelar guna menjaring calon kandidat kafilah MTQ yang unggul dan berkualitas.

Menurut penuturan Lurah Kelurahan Purwakarta, Deni Sumantri, S.E, STQ ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan Kelurahan Purwakarta Kota Cilegon, terdiri dari cabang murotal dan tilawah anak-anak, cabang fahmil Qur'an dan MMQ, serta kaligrafi.

“Ini pertama dilakukan, ada 56 peserta dan 5 cabang yang ikut dalam kegiatan ini, untuk lokasi kita pakai 1 masjid 1 musolah 2 sekolahan dan panggung utama juga dipakai mata lomba, jadi ada 5 tempat untuk tiap tiap mata lomba,” ucap Deni.

Deni pun berharap, dengan kegiatan tersebut, bisa melahirkan calon kafilah yang unggul dan berkualitas, sehingga kedepan bisa menjadi perwakilan dalam MTQ tingkat Kota Cilegon, Provinsi maupun Nasional.

“Diharapkan jangkauan seleksi warga lokal khususnya di lingkungan Kelurahan Purwakarta lebih meluas dan selektif dan dapat mewakili tingkat Kota, provinsi maupun tingkat nasional,” ujarnya.

Selain itu, pria kelahiran tahun 1982 ini pun menegaskan, gelaran STQ bukan hanya sekadar ajang seleksi saja. Namun, dirinya berupaya meningkatkan budaya membaca Al-quran khususnya di lingkungan Kelurahan yang ia pimpin sehingga kehidupan beragama lebih baik lagi.

“Lebih jauh, ini untuk mendorong kehidupan beragama lebih baik, mantapkan pengalaman nilai-nilai Al-Qur’an menuju masyarakat madani sehingga budaya membaca Al-quran menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat lingkungan Kelurahan Purwakarta. Setiap rumah terdengar lantunan Al-quran baik subuh, siang, sore dan malam hari,” harapnya.

Dalam apresiasinya, selain ajang mencetak qori dan qori’ah untuk tingkat selanjutnya, Deni pun berharap menjadikan sebuah motivasi untuk mengagungkan Al-Qur’an dan benar-benar menjadi petunjuk dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami sangat berharap kegiatan islami seperti ini, agar tetap dilaksanakan setiap tahunnya dan ada pembinaan, STQ ini sebagai memotivasi para qori dan qoriah dan masyarakat kita dalam meningkatkan terhadap pembacaan dan mempelajari isi Al-Qur’an,” tutur Deni.

Diakhir kegiatan, Lurah Purwakarta ini berpesan khususnya kepada masyarakat Kelurahan Purwakarta Kota Cilegon agar tetap terus menjaga dan mengawasi anak-anaknya dari pergaulan serta waspada terhadap pengaruh budaya luar. 

“Untuk itu melalui kegiatan ini kita harapkan dapat membantu para generasi kita agar tetap fokus di zona aman, salah satunya dengan mengamalkan atau disibukkan dengan serta menghidupkan budaya mengaji dan mengamalkan isi Al-Qur’an di dalam keluarga kita masing-masing,” pesannya. 





(Fay)