Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

Sakit Saat Bertamu, Seorang Pasien Dicurigai PDP Dirujuk RSUD Malingping ke RSUD Banten

Banten, Perssigap88.co.id - Sabtu, (28/03/2020) dini hari, seorang pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Malingping, Kabupaten Lebak dibawa ke RSUD Banten, salah satu rumah sakit rujukan yang khusus menangani pasien Covid-19. Hal itu dilakukan, lantaran curiga gejala batuk dan demam yang diderita pasien selama empat hari tak kunjung membaik.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Malingping Sobran membenarkan, pihaknya merujuk ke RSUD Banten untuk mengetahui kondisi pasien tersebut karena terpapar Virus Corona (Covid-19) atau bukan.

“Pasien dirujuk ke Rumah Sakit Umum Banten, kita belum bisa pastikan karena harus periksa lebih lanjut, tapi untuk waspada dan meyakinkan, kita rujuk. Protapnya seperti itu,” kata Sobran kepada wartawan saat dihubungi melalui pesan WhatsAppnya.

Menurut Sobran, pasien tersebut mengalami gejala batuk, dan demam selama empat hari serta anamnesa yang mengarah ke curiga PDP sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut.

“Informasinya seperti itu, batuk dan demam sudah empat hari serta anamnesa yang mengarah ke curiga Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan kita tidak bisa periksa lebih lanjut, jadi dirujuk ke yang kompeten Rumah Sakit-nya,” ujar Sobran, Sabtu (28/03/2020).

Diketahui dari video yang beredar ke publik, saat membawa pasien, tim medis dengan berpakaian alat pelindung diri (APD) lengkap, memasukan pasien kedalam mobil ambulance.

Melalui rekaman suara yang disebar ke grup WA, Aan (sekdes Kertaraharja) Kecamatan Banjarsari  yang mengaku kedatangan orang tersebut, menginformasikan bahwa keberadaan pasien dan keluarganya di Desa Kertaharja Kecamatan Banjarsari itu dalam keperluan sedang bertamu. 
Adapun pasien berikut keluarganya itu berasal dari Pandeglang. Karena mengalami sakit kemudian dibawa ke RSUD Malingping untuk mendapatkan pengobatan.

"Orang tersebut beserta keluarganya sedang bertamu, nah, begitu bertamu malamnya dia sakit, datang ke rumah saya, dan dibawakan ke IGD Malingping, dan diagnosa sementara dari Malingping itu masih PDP. Kebetulan dibawa ke Malingpingnya dari Desa Kertaraharja,"  terang Aan.

Atas kejadian itu, Aan menyarankan agar masyarakat waspada dan berhati-hati dalam berinteraksi.

"Berhati-hati apabila ada tamu yang datang dari luar apalagi dari kota tolong jangan dulu berinteraksi dengan masyarakat, disarankan agar singgah dahulu di puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan", ujarnya, Sabtu (28/03/2020).


(Fay)