Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Di Kecamatan Bantarsari

(Cilacap) - perssigap88.co.id - Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap melaksanakan penyemprotan cairan disinfestan  sudah berapa hari ini dalam upacaya mencegah Virus Corona atau Covid – 19, Jumat (27/3/2020) Kecamatan Bantarsari bersama forkopimcam, dinas/instansi, kepala desa, toga tomas mesosialisasikan  Sosial Distancing  di tengah tengah warga masyrakat, serta protokol  Sosial Distancing  ini dipatuhi oleh seluruh warga  masyrakat,  melalui petugas gugus tugas covid 19 Kecamatan Bantarsari dan jajaran koramil 09  dan polsek bantasari terus melakukan. patroli memastikan  aturan ini di patuhi semua warga masyrakat kecamatan bantarsari



Selain melaksanakan penyemprotan disinfektan ke tempat tempat umum, Mesjid, kantor Desa, Pustu dan Rumah penduduk dan juga di larang untuk mengadakan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak guna mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona.

Kemudian kita juga membuat surat edaran ke kepala desa yang pertama adalah mengaktifkan desa siaga.                                                                                lanjutnya, memantau keluar-masuk warga desa dan bila tidak penting melarang warga keluar dari desa.

Bila ada warga baru datang dari luar kabupaten. Terkhusus wilayah Indonesia dengan transmisi lokal yaitu DKI Jakarta, Bali, Banten ,Tangerang,

Tangerang Selatan, Jawa Barat, Solo, Jawa Timur, dan luar negeri yang terkena wilayah terjangkit lainnya.

Maka petugas kesehatan desa atau bidan desa melakukan pendataan kesehatannya dan selanjutnya melaporkan ke Puskesmas yang terdekat .

Bila ada warga yang masuk kriteria orang dalam pemantauan maka kepala desa dan petugas kesehatan desa mungkin juga bidan desa bersama-sama melakukan pemantauan yang ketat sehingga ODP tersebut tetap tinggal di rumah.

“Itu yang kita himbau untuk kriteria bagaimana masyarakat mengenali itu pertama yang sangat penting adalah dia berasal atau datang dari zona transmisi lokal seperti Jakarta atau Bali.
pendatang di situ dengan tiga gejala-gejala yang muncul yaitu batuk demam dan sakit tenggorokan,”  tandas Suprihatiyono. Sp. Menghimbau kepada pihak- pihak perangkat desa, menelusuri warga masyarakat desa yang pulang dari perantauan lewat ke RT/Kadus segera melaporkan Kecamatan Bantarsari Gugus Tugas penanggulangan COVID-19 tiap hari untuk di laporkan, Koordinasi dengan UPT Puskesmas Bantarsari untuk tetap memantau warga masyarakat yang status nya notif PDP untuk mengisolasi diri selama 14 hari , sesuai protokol isolasi diri" tutup Suprihatiyono, Sp.




(Agus/Red)





"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet