Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciptakan Lingkungan Bersih dan Hidup Sehat, Puskesmas 1 Gandrungmangu Rutin Adakan Jumat Bersih

Cilacap Perssigap88. co.id.  |  Untuk memberikan contoh dan motivasi kepada masyarakat betapa pentingnya hidup sehat serta lingkungan yang bersih, Puskesmas 1 Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap rutin melakukan kegiatan Jumat bersih.

Sebagai tanda bakti dalam menjalankan fungsi kesehatan terhadap masyarakat di bawah komando kepala Puskesmas 1 Gandrungmangu Agung Budiyono bersama jajaran pegawai.

Acara bersih-bersih lingkungan masyarakat serta pembersihan tiap-tiap desa. Hal ini sangat besar manfaatnya dalam membangun masyarakat hidup sehat.

Menurut kepala Puskesmas 1 Agung Budiyono ketika di temui awak media(02/03) mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin namun belum keseluruhan masyarakat ikut berpartisipasi dalam program ini, diharapkan masyarakat mempunyai  kesadaran yang tinggi dalam membuang sampah rumah tangga, sebab lambat laun nantinya sampah bisa menjadi  musuh terbesar dalam kehidupan.

“Alhamdullilah kegiatan ini sangat direspon oleh Camat Gandrungmangu, Koramil dan Kepolisian, semoga adanya kegiatan ini dapat menyentuh hati masyarakat, yang lebih penting lagi kepala desa dapat berperan aktif agar desa yang ada di wilayah kecamatan gandrungmangu dapat merasakan hidup sehat”. Ujar Agung.

Agung juga mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap penyakit DBD (Demam Berdarah) yang di akibatkan oleh nyamuk aedes aegypti, yang dapat menyebarkan virus demam berdarah, nyamuk tersebut senang berkembang di tempat gelap dan lembab, terutama pada rumah yang kerap ditinggal pemiliknya serta memiliki sirkulasi udara yang buruk karena jendela jarang dibuka.

Saat rumah dalam kondisi lembab karena jendela selalu tertutup, nyamuk akan mencari tempat terbaik untuk beristirahat sekaligus mematangkan sel telur pada darah dalam tubuhnya, Apalagi sekarang cuaca musim hujan sehingga dapat menimbulkan bayaknya nyamuk bersarang.

Untuk itu walaupun Kepala Puskesmas 1 sudah melakukan foging untuk pencegahan di berapa tempat namun kita harus tetap waspada. ”ucapnya. 




(Agus.M)

Pasang Iklan / Adv Bawah ini.