Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

Unit Lantas Polsek Padang Bolak Gelar Operasi Zebra Toba 2019

Pers.sigap88.Co.Id | PALUTA​ --Jajaran Polres Tapanuli Selatan gelar Operasi Zebra Toba. Operasi Zebra Toba 2019 ini digelar Korps Lalu Lintas Polri selama 14 hari terhitung mulai 24 Oktober hingga 05 Nopember 2019 yang bertujuan untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang kondusif dan Mengurangi angka Kecelakaan Lalu Lintas.(Laka lantas)
Kanit Lantas Polsek Padang Bolak/Polres Tapsel Ipda Tongan Siregar SH kepada Wartawan sigap88 di Gunung Tua Senin (28/10/2019

mengatakan,operasi ini digelar untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang kondusif.

"Satuan Unit Lalu Lintas (Lantas) Polsek Padang Bolak melaksanakan Operasi Zebra Toba 2019 sesuai dengan amanat Korps Lalu Lintas Mabes Polri yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia," tegas Ipda Tongan  Siregar
Operasi Zebra Toba Polsek Padang Bolak/Polres Tapsel dilaksanakan di Jalan Lintas Gunung Tua - Langga Payung, Kabupatean padang Lawas Utara.(Paluta).

Ditambahkan Ipda Tongan Siregar SH,pihak Korps Lalu Lintas Mabes Polri menginstruksikan jajarannya untuk mengedepankan penegakan hukum represif berupa bukti pelanggaran (tilang), terutama bagi para pelanggar lalu lintas  yang berpotensi kecelakaan.

"Gunakan tindakan represif berupa penilangan terukur tanpa mengkesampingkan tindakan dan Kedepankan sikap humanis, lakukan senyum, sapa, salam(3S)," ungkap Kanit lantas.
Beberapa jenis pelanggaran yang akan ditindak dalam Operasi Zebra Toba 2019 di antaranya kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan,seperti STNK dan SIM, pelanggaran rambu lalu lintas dan marka jalan, melawan arus, tidak menggunakan sabuk pengaman, tidak menggunakan helm bagi pengendara motor, Utamakan helm SNI dan melarang memakai HP di saat mengemudi.cegah anak di bawah umur membawa kenderaan.

"Bagi para pengendara, di himbau untuk melengkapi surat-surat kendaraan dan berkendaralah secara aman," Utamakan keselamatan untuk kemanusian. Ujarnya.

Ia menjelaskan tujuan operasi yakni terwujudnya kesadaran disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan, menurunkan fatalitas kecelakaan, terciptanya kerja sama yang baik antar instansi terkait dan terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, meningkatkan disiplin anggota Polantas,serta terwujudnya pelayanan kepolisian yang bersih dan bebas KKN.
"Operasi Zebra Toba tersebut melibatkan beberapa personel yang terdiri atas jajaran Polantas dan Sabhara di Seluruh Indonesia.Jajaran dari instansi terkait juga dikerahkan dalam operasi Zebra ini.

Risiko celaka bisa menimpa siapa saja bagi mereka yang beraktivitas berkendara di jalan raya.Namun data dan penelitian menunjukkan, usia muda paling rentan mengalami kecelakaan lalu lintas,Kata IPDA Tongan Siregar.

Ipda Tongan Siregar SH berpesan: kepada masyarakat pentingnya peran orang tua mengambil porsi yang menentukan terhadap anak-anak agar berhati-hati memberikan ruang dan membiarkan mereka berkendara saat masih usia dibawah umur atau sebaliknya mengambil sikap tegas dengan melarangnya.

"Dengan melihat kenyataan pengendara muda berisiko tinggi celaka di jalan raya maka pilihan kedua sudah harus jadi sikap para orang tua tanpa kompromi," tegas Tongan Siregar seraya menambahkan,"Stop Pelanggaran !"",Stop kecelakaan​!"




Ongkoe Harahap

Post a comment for "Unit Lantas Polsek Padang Bolak Gelar Operasi Zebra Toba 2019"