Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PWI Lebak Ingatkan Puasa Ramadhan Sebagai Momentum Tepat Tingkatkan Solidaritas

Banten, Perssigap88.co.id - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lebak Fahdi Khalid mengingatkan bahwa Ramadhan menjadi bulan kedermawanan dan momentum yang tepat untuk meningkatkan semangat berbagi kepada sesama.


" Kita berharap bulan suci Ramadhan momentum yang tepat untuk saling berbagi," kata Fahdi saat berbuka puasa bersama keluarga besar PWI Lebak di Rangkasbitung, Jumat (22/04/2022).

Bulan Ramadhan sebagai bulan kedermawanan sebagaimana dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

Bahwa Nabi Muhammad SAW sangat dermawan pada hal-hal kebaikan, bahkan kedermawanan nabi itu melebihi angin yang berhembus. 

Artinya, kata dia, kedermawanan Nabi dapat menjadi pelajaran bahwa umat muslim dianjurkan untuk berbagi rezeki terhadap sesama. 

Berbagi rejeki dapat memberikan makanan kepada orang yang berpuasa juga bisa saja orang berlebih ekonomi membantu kepada orang yang  memerlukan bantuan. 

Sebab, saling berbagi itu dapat meringankan beban kehidupan umat muslim khususnya keluarga tidak mampu ekonomi. 

Bahkan, orang  berbagi rezeki pada bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya hingga sepuluh kali lipat.

Saat ini, kata dia, banyak warga yang kurang mampu dan memerlukan bantuan akibat pandemi  COVID-19 maupun korban bencana alam. 

" Kita berharap anggota PWI yang mampu ekonomi dapat berbagi atau bersedekah kepada warga yang membutuhkan uluran tangan," jelasnya.

Lebih lanjut Fahdi mengatakan, kepedulian PWI Lebak secara nyata dapat mewujudkan saling berbagi pada bulan Ramadhan dengan menyalurkan bantuan telur dan santunan anak yatim dan kegiatan sosial lainnya. 

Wujud sosial itu merupakan bentuk membantu sesama guna meringankan beban ekonomi masyarakat yang tidak mampu, bahkan PWI Lebak sendiri  memiliki program "Keseksian Peduli". 

Oleh karena itu, pihaknya juga meminta para anggota PWI di tengah masyarakat harus peduli  untuk membantu warga yang tidak mampu dan jika mereka sakit juga kesulitan ekonomi dapat berperan untuk membantu mereka. Sebab, wartawan memiliki akses dan relasi yang banyak melalui hubungan bersama pejabat dan pengusaha. 

Esensi bulan Ramadhan itu, kata dia, bukan hanya momentum dalam meningkatkan aspek rohani atau keagamaan saja, tetapi juga membangun solidaritas sosial. 

Sebab, ujarnya,  membangun solidaritas sosial dapat menumbuhkan semangat berbagi dan semangat kemanusiaan dan menjadi bagian penting dalam ajaran Islam. 

Semangat kemanusiaan yang dilandasi keimanan  merupakan wujud hubungan antara manusia dengan Tuhannya atau "Hablum-Minallah" dan juga hubungan antara manusia dengan sesamanya 'Hablum-Minannas".

" Kita minta bulan Ramadhan ini sebanyak-banyaknya untuk saling berbagi," ucap Akew nama panggilan ketua PWI Lebak. 


(Fay_red)



Wastap Redaksi : 085231450077


 

Posting Komentar untuk "PWI Lebak Ingatkan Puasa Ramadhan Sebagai Momentum Tepat Tingkatkan Solidaritas "

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet