Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menteri KKP Tebar Benih Ikan Patin di Kolam Milik Pengusaha di Cisilad

Banten, perssigap88.co.id - Menteri pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono meninjau budi daya sekaligus menebar benih ikan patin di kolam milik pengusaha H Mulyadi Jayabaya (JB) di Cisilad, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Kamis (19/08/2021). Pada kesempatan itu, ia mengatakan Indonesia  sebagai negara maritim dengan memiliki potensi kekayaan kelautan yang luar biasa mampu ekspor perikanan terbesar di dunia.


"Kita menggenjot volume produksi dan nilai ekspor ditingkatkan agar sektor perikanan memberikan devisa negara cukup besar," kata Sakti Wahyu Trenggono.

Kementerian Kelautan kini membenahi sektor perikanan, karena Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki potensi kekayaan kelautan yang luar biasa.

Kekayaan potensi kelautan itu tentu dapat menyumbangkan devisa negara cukup besar di sektor perikanan.

Karena itu, pihaknya meyakini kedepan nanti Indonesia menjadi negara terbesar ekspor perikanan ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat.

Kata Sakti, saat ini ekspor produk perikanan pada tahun 2020 mencapai 5,2 miliar Dolar Amerika Serikat (AS), atau setara Rp. 72,8 triliun, dengan 4,84 miliar Dolar AS berasal dari ikan konsumsi.

"Kami terus meningkatkan volume produksi sektor perikanan dan Indonesia bisa menjadi negara pengekspor terbesar di dunia. Kita minta media juga mendukung," ucapnya.

Untuk menggenjot volume produksi sektor perikanan kelautan, lanjut Sakti diantaranya adalah dengan meningkatkan sistem, manajemen, pembangunan infrastruktur pelabuhan hingga sistem penangkapannya.

Selain itu disebutkan juga pengembangan perikanan pedalaman dengan membudidayakan ikan air tawar, termasuk budi daya ikan patin yang dikembangkan di Kabupaten Lebak. Begitu juga pengembangan budi daya perikanan pesisir, seperti tambak bandeng udang, dan nila salem.

Disamping itu juga memberikan kemudahan pelayanan perizinan dan sertifikasi yang menjadi syarat produk perikanan bisa dipasarkan ke luar negeri.

"Kami mendorong volume produksi sektor perikanan meningkat, sehingga pelaku usaha perikanan bisa tumbuh di pasar domestik, maupun global juga kualitas produk ikan lebih unggul di luar negeri," katanya menjelaskan.

Menurut dia, usaha perikanan hingga kini berkembang baik sektor perikanan kelautan, pedalaman dan pesisir. Bahkan potensi perikanan di Perairan Selatan Banten juga cukup baik dan perlu dikembangkan ikan tuna.

"Kami optimistis bahwa Indonesia masuk negara pengekspor perikanan terbesar di dunia," tutupnya.


(Fay_red)



Wastap Redaksi : 085231450077


 

Posting Komentar untuk "Menteri KKP Tebar Benih Ikan Patin di Kolam Milik Pengusaha di Cisilad"

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet