Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanpa Mempermasalahkan Batas, Masyarakat Antar Dua Desa Apresiasi Program P3-TGAI di Kecamatan Cijaku

Banten, Perssigap88.co.id. - Pengerjaan proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Dirjen Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Ciujung, Cidanau, Cidurian (BBWSC3) yang dilakukan di Desa Cijaku berjalan lancar dan mengikuti prosedur serta mengacu kepada Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang telah ditentukan. Proyek tersebut berlokasi di pesawahan Blok Cijarip, Desa Cijaku, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.


Ketua Kelompok Kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Desa Cijaku, Bambang Riyadi mengatakan, "Saya tim pelaksana kegiatan melaksanakan pembangunan P3-TGAI sesuai dengan prosedur balai serta mengacu kepada RAB, dan orang balai pun mengatakan, 'Irigasi itu tidak dibatasi oleh satuan administratif seperti hanya satuan pemerintahan desa, kecamatan, kabupaten atau kota. Contohnya saja itu Ciujung, itu dibangunnya disekitar wilayah Banten tetapi yang menikmatinya sampai DKI Jakarta. Asal ada koordinasi antar kepala desanya. Dan kalo ada yang mempermasalahkan tolong diperlihatkan aturannya baik berupa Undang-undang tentang sumberdaya air maupun Pedum yang tidak memperbolehkan bahwa irigasi itu tidak boleh dibatasi atau yang menikmatinya luar desa itu'. Itulah kata yang diucapkan orang balai kepada saya," kata Bambang menirukan ucapan yang dimaksud orang balai tanpa menyebutkan namanya, Minggu (06/06/2021).

Ditempat yang sama, Jahalim selaku perwakilan masyarakat pengguna air Desa Sukasenang, dihadapan sekitar 30 orang masyarakat dari dua desa (Cijaku dan Sukasenang) mengatakan, "Saya mewakili masyarakat Desa Sukasenang berterima kasih khususnya kepada Ibu Heni Hendrawati selaku Kepala Desa Cijaku, dan kepada pemerintah terkait yang telah membantu kami, yang mana di desa kami sudah ada pembangunan irigasi dan itu sangat bermanfaat sekali bagi kami," ujarnya, Minggu (06/06/2021).

Masih ditempat yang sama, Saepudin selaku perwakilan masyarakat Desa Cijaku menuturkan, "Saya mewakili masyarakat Desa Cijaku, atas adanya irigasi In Sya Allah sawah kami tidak gagal panen lagi, karena jika musim kemarau biasanya gagal panen. Namun dengan adanya pembangunan irigasi oleh ibu Lurah Heni itu sangat bermanfaat sekali. Tahun depan dipastikan kami tidak gagal panen lagi," terangnya, Minggu (06/06/2021).

Terpisah, Kepala Desa Sukasenang Sardin mengatakan bahwa dirinya tidak mempermasalahkan atau menghambat pembangunan irigasi yang dibutuhkan masyarakat.

"Masalah pembangunan irigasi, bagi saya tidak mempermasalahkan termasuk batas, kami hanya memberikan keterangan terkait batas saja. Kami mengijinkan adanya proyek irigasi tersebut yang bisa tersentuh oleh masyarakat Desa Cijaku dan Desa Sukasenang," jelasnya, Minggu (06/06/2021).



(Fay_red)






 

Posting Komentar untuk "Tanpa Mempermasalahkan Batas, Masyarakat Antar Dua Desa Apresiasi Program P3-TGAI di Kecamatan Cijaku"

Pasang Iklan / Adv Bawah ini.