Terkait Putusan PTUN Jakarta, Asep Rahmatullah Tegaskan Dekopin Sri Untari Bisowarno Tetap Sah - www.perssigap88.co.id
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Terkait Putusan PTUN Jakarta, Asep Rahmatullah Tegaskan Dekopin Sri Untari Bisowarno Tetap Sah

Banten, Perssigap88.co.id - Ketua Ketua Dekopinwil Provinsi Banten, Asep Rahmatullah, menyikapi putusan PTUN Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta dengan tegas. Menurutnya, putusan tersebut tidak subtantif dan tak berpengaruh pada keabsahan Dekopin yang sah dan dipimpin Sri Untari Bisowarno.


Asep Rahmatullah, menegaskan bahwa kaidah hukumnya, ketika Dirjen PP nanti mengajukan banding, maka perkara ini kembali lagi ke awal.

"Bahwa Legal Opinion Dirjen PP, masih berlaku sepanjang belum diputus inkrah oleh Pengadilan Tinggi atau sampai ke MA," ujarnya, Rabu (20/01/2021).

Ditegaskan Asep, Dekopin pimpinan Sri Untari Bisowarno, tidak pernah menjadikan Legal Opinion Dirjen PP sebagai pengesahan.

"Legal Opinion Dirjen PP selama ini kita anggap sebagai pendukung atau memperkuat kedudukan kita," imbuhnya.

Menurut Asep, Dekopin pimpinan Sri Untari Bisowarno, melandaskan keabsahannya pada Keppres No.06/2011 sesuai dengan pasal 57 dan 59 UU No. 25/92 tentang Perkoperasian sebagai landasan hukum.

"Pada pasal tersebut sangat jelas dan tegas mengatakan, bahwa Dekopin harus disahkan pemerintah," ucap Asep.

Hingga saat ini, lanjut Asep, pengesahan itu hanya Keppres 06/2011. Sementara, pihak Nurdin Halid mengabaikan Keppres itu dan mempunyai AD sendiri yang tidak disahkan pemerintah sesuai bunyi UU No. 25/1992.

"Jadi, kita tegas absah dengan melandaskan organisasi kita pada AD yang disahkan pemerintah sesuai perintah UU. Sementara mereka landasannya tidak pernah ada pengesahan pemerintah. Itu posisi hukum kita," tutup Asep.

Sementara itu, Sekretaris Dekopin Provinsi Banten, Teguh Supriyanto, Dekopin pimpinan Sri Untari Bisowarno, adalah Dekopin yang sah dan tidak ada dualisme, Organisasi Dekopin hanya tunggal yakni yang sah sesuai Keppres 6 Tahun 2011.

"Dekopin pimpinan Bu Untari merupakan Dekopin yang sah dan sesuai dengan UU 25 tahun 1992 dan Keppres 6 Tahun 2011. Perubahan AD/ART mesti mendapatkan pengesahan oleh pemerintah," kata Teguh.

Teguh menegaskan, bahwa keputusan PTUN tersebut tak berpengaruh pada posisi hukum Dekopin yang dipimpin Sri Untari Bisowarno. Karena putusan itu juga, tak mengesahkan Dekopin Nurdin Halid, karena yang digugat adalah pendapat hukum Dirjen PP (Peraturan Perundang-undangan) Kementerian Hukum dan HAM.

"Yang digugat itu pendapat hukum dari Dirjen PP, bukan substansi masalahnya. Kita akan terus berkiprah memajukan gerakan koperasi di Banten dibawah kepemimpinan ibu Sri Untari. Dekopinda kabupaten dan Kota di Provinsi Banten, akan segera melaksanakan Musda dalam waktu dekat ini," imbuh Teguh.


 (red)




 

1 komentar untuk "Terkait Putusan PTUN Jakarta, Asep Rahmatullah Tegaskan Dekopin Sri Untari Bisowarno Tetap Sah"

Ada Apa Kab. Cilacap?... Ratusan Kontraktor Akan Datangi Kantor Bupati
Kafe Di Sampang Menjamur Adu Fisik Kedua Cewek Tak Terhindarkan
Bongkar monopoli Proyek!! Kontraktor Geruduk Kantor Bupati Cilacap
Kasus Selingkuh Sekarang Oknum Pejabat Dinas P&K Cilacap Diduga Menghamili PKL Anak SMA
Dua Orang Santri Hanyut di Pantai Karangseke, Satu Selamat, Seorang Lagi Belum Ditemukan
Adu Visik Dua Wanita Di Sampang Hanya Karena Cemburu Buta
Giliran PUPR Cilacap Memanas Isu Ratusan Kontraktor Akan Unjuk Rasa Di Depan Kantor Bupati




"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet
Pelipis Mata Yustinus Zebua Alias Ama Sukur Luka Akibat Dianiyaya DS Alias Ina Yosua Istri Kepala Sekolah SMP N.1 Hilimegai Menggunakan Cangkul
Aksi Bugil Ibu- Ibu Saat Tanahnya Di Serobot
SPBU Nakal Di Banyuangi Akan Di Laporkan Oleh Konsumen
Perampok Sepeda Motor Menggunakan Mudus Baru Di Blega Bangkalan
Carok Masal Di Daerah Kramat Pamekasan Berawal Dari Futsal