Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalan Menuju TPA Dibuka Kembali Truk Sampah Beroperasi Lagi

Banten, Perssigap88.co.id - Setelah sekitar satu bulan akses jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak ditutup karena ada pembangunan jalan yang dicor beton, pada Senin (25/01/2021) siang tadi sekira pukul 13.00 WIB dibuka kembali. Sehingga tumpukan sampah yang ada di pasar-pasar karena tidak sempat terbuang, seperti halnya di pasar Binuangeun, Desa Muara, Kecamatan Wanasalam bisa segera diangkut.


Dikatakan Ade Firdaus selaku Kepala UPT TPA Cihara bahwa banyak sampah yang menumpuk tidak terangkut itu karena untuk menuju TPA mobil pengangkut sampah tidak bisa melintasi jalan yang sedang dilakukan pengecoran.

"Sampah yang menumpuk di pasar seperti di pasar Binuangeun itu tidak terangkut karena kami tidak bisa membuang ke TPA yang seperti biasanya, mobil sampah tidak bisa melintasi akses jalan menuju TPA, terkendala jalan tersebut sedang dibangun pengecoran," ujarnya.

Lanjut Ade, "untuk TPA Cihara itu ada sepuluh kecamatan Plus tambahan satu kecamatan, yakni; Kecamatan Malingping, Cijaku, Cigemblong, Wanasalam, Banjarsari, Cihara, Panggarangan, Bayah, Cibeber, Cilograng dan plus tambahan Kecamatan Gunung Kencana".

Ditanya terkait armada pengangkut sampah, Ade mengatakan, "Mobil pengangkut sampah ada dua, yang satu sudah butut. Sebenarnya kalo dibilang kurang armada ya jelas. Kami butuh tambahan armada," kata dia. Senin (25/01/2021).

Sementara, Irvan Suyatupika selaku Sekretaris Dinas (Sekdis) PUPR Kabupaten Lebak saat dikonfirmasi media membenarkan hal tersebut dan mengatakan bahwa mobil bermuatan sampah beratnya dibawah delapan Ton.

"Memperhatikan umur beton dan jenis kendaraan truck pembawa sampah yang MST (Muatan Sumbu Terberat) dibawah 8 ton, jalan tersebut sudah bisa dilalui. Tapi tidak diperkenankan untuk kendaraan sumbu 3 tronton yang MST nya lebih dari 8 ton," katanya melalui pesan WhatsApp, Senin (25/01/2021).

Pantauan media di lokasi terlihat 2 truk pengangkut sampah melintas menuju TPA setelah penghalang jalan tersebut secara bersama-sama dibuka oleh Camat Cihara Ade Kurniawijaya beserta Pol PP, Kepala Desa Pondok Panjang Subandi beserta Sekdesnya Hedi, Babinsa setempat dan Kepala UPT TPA Cihara Ade Firdaus.




(Fay/tim)





 

Posting Komentar untuk "Jalan Menuju TPA Dibuka Kembali Truk Sampah Beroperasi Lagi"

Pasang Iklan / Adv Bawah ini.