Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upaya Tingkatkan Kompetensi Wartawan, PWI Banten Adakan KLW dan UKW

Banten, Perssigap88.co.id - Guna meningkatkan kompetensi wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten mengadakan kegiatan Karya Latih Wartawan (KLW) dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Pendopo Lama Gubernur Banten, Kota Serang.
Kegiatan yang diadakan kali kedua di tahun 2020 ini, dilaksanakan selama dua hari, mulai dari 18-19 Desember 2020. 

Selain itu, dalam kegiatan KLW dan UKW ini menghadirkan tiga pemateri, yakni Ketua PWI Banten, Rian Nopandra sebagai pemateri mengenai peran PWI dalam membangun organisasi pers yang independen. Disusul pemateri kedua yakni Sekretaris PWI Banten, Nasrudin menyampaikan materi tentang strategi penguatan PWI menuju profesi wartawan yang bermartabat. Kemudian terakhir dari Dewan Kehormatan PWI Banten, Nana Sutisna Amdan memberikan materi tentang implementasi kode etik jurnalistik dalam membangun kepercayaan publik.

Ketua PWI Banten, Rian Nopandra mengatakan, kegiatan KLW dan UKW ini merupakan upaya membentuk dan meningkatkan kompetensi profesi wartawan di Banten lebih baik. Sebab, wartawan tak hanya menjadi seorang juru tulis, melainkan harus pula mempertangungjawabkan karya jurnalistiknya kepada publik.

"Ini merupakan langkah kita untuk bagaimana meningkatkan kuwalitas, dan kompetensi wartawan. Sebab kita harus mempertangungjawabkan karya jurnalistik kepada publik, bukan hanya sekedar juru tulis," kata Rian dalam sambutannya, Jumat (18/12/2020).

Kata Rian, menjadi seorang wartawan perlu seni dan dan kejujuran, sebab sebagai seorang wartawan perlu menunjukan ekspresinya dalam menulis diera kebebasan berpendapat ini. Kendati demikian, sebagai seorang wartawan pun perlu memiliki kejujuran, karena wartawan harus tahu apa yang dilakukan itu salah atau tidak. Terlebih, dalam bekerja wartawan sudah diatur dalam kode etik jurnalistik.

"Jadi wartawan itu perlu berekspresi dalam menulis, tetapi kita harus jujur. Apa yang kita lakukan itu salah atau bohong. Karena kerja kita diatur dalam kode etik jurnalistik," tegasnya.

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Ketua PWI Kabupaten Serang, Wisnu Anggoro menuturkan, kegiatan KLW dan UKW ini diikuti oleh 40 peserta. Untuk kegiatan KLW hanya satu hari, namun untuk UKW, peserta akan mengikuti kegiatan selama dua hari.

"Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar, tidak ada kendala. Selain itu para peserta diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan," paparnya. 


(Fay)






Posting Komentar untuk "Upaya Tingkatkan Kompetensi Wartawan, PWI Banten Adakan KLW dan UKW"

Pasang Iklan / Adv Bawah ini.