Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

Kurang Tenaga Medis, Puskesmas Jawilan Layangkan Surat Pengajuan ke Dinkes

Serang (Banten),  Perssigap88.co.id - Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Hj Imas Migiarti, SKM melayangkan surat permohonan penambahan tenaga medis kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Serang. Ia berharap ada penambahan tenaga medis dan Dokter Spesialis di Puskesmas tempat dia bekerja, agar masyarakat yang mau berobat bisa terlayani lebih baik lagi.
"Di puskesmas tempat kami bekerja jumlah pegawai saat ini ada 62 orang dengan kekurangan dokter umum 1 orang, dokter gigi 1 Orang, Bidan Desa 2 Orang, dengan penduduk yang ada di kecamatan Jawilan sekitar 55.539 orang. Harusnya Dokter minimal ada 3 orang tapi di kita ada 2 Orang, dokter gigi juga tidak ada, bidan desa kurang 2 orang tapi tak mematahkan semangat kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat, tidak kurang satu apa pun yang artinya semua progam kita jalankan," ujar Imas, Kamis (17/12/2020).

"Untuk kita kan ada Poned , 24 jam, UGD 24 jam, rawat inap 24 jam, dan rawat jalan juga 24 jam. Karena banyak yang dari perusahaan-perusahaan datang diluar kontek jam kerja dibawah jam 14.00 WIB, biasanya mereka datang sampai malam kita layani," lanjutnya.

Kata Imas, sudah 2 tahun masyarakat mengeluh dan menginginkan ada dokter gigi lagi, namun hingga sekarang belum terkabulkan. Padahal, masih kata Imas, surat permohonan tersebut sudah dilayangkan tahun 2019.

Tersambung melalui pesan WhatsAppnya, Jum'at (18/12/2020) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Agus Kusmayadi membenarkan jika di wilayah kerjanya masih kekurangan tenaga kesehatan, khususnya medis, dan sulit dapat segera terpenuhi dengan cepat. 

Ini penjelasannya:

"Wassalamu'alaikum wrwb. Ma'af saya masih di jalan..iya memang benar PemKab masih kekurangan tenaga nakes, khususnya medis, baik dokter umum maupun dokter gigi, apoteker, perawat dan tenaga kesehatan lainnya....Kab Serang setiap tahun mengupayakan pemenuhan nakes2 tersebut melalui pengangkatan CPNS, tetapi kuota dari pemerintah yang terbatas. Sulit dapat segera terpenuhi dengan cepat, upaya lain yaitu melalui pengangkatan tenaga lepas pegawai blud, ataupun melalui permohonan ke Dinkes Prov Banten melalui tenaga khusus utk ditempatkan di Kab Serang.

Upaya lain dg menugaskan tenaga nakes dokter gigi utk dapat bertugas di dua puskesmas secara bergantian dengan terjadwal...

Untuk mendapatkan satu tenaga dokter gigi di dua puskesmas sdh pernah dilakukan, tetapi terkendala dengan str drg, saat kredensialing utk bekerja sama dengan BPJS, sip dokter tersebut wajib ada di puskesmas.

Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan tingkat pertama yang keberadaannya di wilayah kecamatan tentunya diharapkan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik, bermutu dan senantiasa memperhatikan kebutuhan masyarakat di wilayah kerjanya...nakes maupun non nakes yang bekerja di puskesmas meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya sehingga mampu bekerja profesional dan berdedikasi tinggi..," terang Agus Sukmayadi, Kepala Dinas Kesehatan Kab Serang.



(Heru/Fay)







Post a comment for "Kurang Tenaga Medis, Puskesmas Jawilan Layangkan Surat Pengajuan ke Dinkes"

"Aneh" Preman Kampung Di Sampang Aniaya Dua Wanita Lansia
Bye WhatsApp, Warga Net Bansel Hijrah Aplikasi
Tambal Sulam Jalan Nasional Diduga Dikerjakan Asal-asalan Diprotes Warga
Kabupaten Sampang Yang Ugal-Ugalan Dan Tidak Taat Aturan Covid
Disaat Rakyat Susah, Bantuan UMKM di Pandeglang Diduga Disunat Oknum