Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringati Hari Menanam Pohon Nasional, KPSDA Curug Cisarongge Lakukan Penghijauan

Banten, Perssigap88.co.id - Kelompok pemuda aktivis lingkungan Desa Cipeundeuy, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak yang tergabung dalam Komunitas Penyelamat Sumber Daya Alam (KPSDA) melakukan penanaman 1000 pohon pada Sabtu (28/11/2020). Hal ini dalam upaya  pelestarian alam sekaligus memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN) sesuai dengan Keputusan Presiden RI No 24 tahun 2008 yang telah menetapkan tanggal 28 November sebagai HMPI dan BMPN.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Setempat, Camat Kecamatan Malingping dan Danramil 0313/Malingping.

Dalam kata sambutannya, Ketua KPSDA mengatakan bahwa hal ini merupakan bentuk kepedulian tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya alam hutan dan lahan.

"Melalui kegiatan penanaman pohon seperti ini semoga bisa bermanfaat," ujarnya. 
"Karena seperti halnya yang tertuang dalam Petunjuk Teknis Penanaman Spesies Pohon Penyerap Polutan Udara yang diterbitkan oleh KLHK (2015), disebutkan bahwa 1 hektar ruang terbuka hijau yang dipenuhi pohon besar, itu dapat menghasilkan 0,6 ton oksigen untuk 1.500 penduduk/hari. Sehingga peranan pohon itu sangat penting bagi kehidupan manusia, maka dari itu kami sekelompok pemuda desa yang berdomisili di sini berupaya untuk menjaga dan melindungi agar hutan lindung yang ada di wilayah kami ini tidak ada ruang kosong. Maka hari ini kita lakukan rehabilitasi tanam pohon sebanyak 1000 pohon dari berbagai jenis pohon buah-buahan seperti pohon alpukat, nangka, jambu bol dan pohon pala," lanjutnya.

Ia berharap kegiatan seperti ini mendapat dukungan dari berbagai pihak agar kedepan bisa terus berkesinambungan.

Pada kesempatan tersebut, Camat Kecamatan Malingping Cece Saputra mengapresiasi adanya kegiatan tersebut dan akan selalu mendukungnya, karena kegiatan seperti ini menurutnya penting dilakukan.
 
"Terima kasih atas kepedulian sekelompok pemuda Desa Cipendeuy yang tergabung dalam KPSDA yang hari ini melakukan penanaman pohon di wilayah hutan lindung yang kosong. Yang mana saat ini di wilayah Desa Cipeundeuy ada sekitar 363 hektar hutan lindung dan ada beberapa lahan yang kosong. Kalau tidak ada yang peduli terhadap lingkungan hutan tentu sangat berbahaya dan kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan, maka saya akan selalu mendukung dengan kegiatan seperti ini," ucapnya.

Sementara itu Hambali SH, Kepala Desa Cipendeuy berharap agar adanya kegiatan seperti tersebut bisa memberikan motivasi kepada yang lain untuk menjaga keseimbangan alam.

"Mudah-mudahan kegiatan sekelompok pemuda ini bisa menjadi motivasi untuk warganya yang lain agar keberadaan hutan yang ada di kita selalu terjaga," harapnya.

Hal senada dikatakan Danramil 0313/Malingping. Menurutnya, dengan banyaknya tumbuhan hijau akan menghasilkan oksigen yang bersih, sehingga udara yang dihirup akan terasa segar dan sehat.




 (Fay)








Posting Komentar untuk "Peringati Hari Menanam Pohon Nasional, KPSDA Curug Cisarongge Lakukan Penghijauan"

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet