Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

AJK Desak Pemkab Ketapang Segera Ambil Langkah Antisipasi Penyebaran Covid-19

KETAPANG, Perssigap88.co.id - Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang agar segera mengambil langkah konkrit untuk antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Mengingat karena Daerah Ketapang merupakan daerah terbuka baik jalur Darat, Laut maupun Udara.

"Sesuai pernyataan Juru Bicara penanganan corona di Pusat, salah satunya sebarannya berada di Pontianak, Kalbar. Untuk itu Pemda Ketapang sudah harus punya langkah antisipasinya secara cepat, " kata Ketua AJK, Theo Bernadhi, Senin (15/03/2020).

Lanjutnya, Pemerintah Ketapang, hendaknya responsif atas persoalan tersebut. Terlebih saat ini Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Gubernur telah membuat kebijakan menghentikan aktivitas yang melibatkan masyarakat banyak, termasuk meliburkan kegiatan sekolah.

"Tentu hal itu harus direspon segera oleh Pemkab Ketapang dengan melakukan koordinasi dan mengambil kebijakan-kebijakan dalam penanggulangan kasus covid-19 ini," sarannya.

Disamping itu Alumni Fisip Untan Pontianak itu menilai, Ketapang kerap menjadi tempat keluar masuknya masyarakat, baik masyarakat asli Ketapang yang baru pulang dari bepergian maupun pendatang bekerja di Ketapang.

“Pemkab harus menentukan sikap. Kita minta Bupati segera melalukan Konpers terkait sikap dan kebijakan daerah. Jangan sampai kita bergerak setelah ada kasus. Intinya mesti harus ada kesiapsiagaan dan strategi penanganan," pintanya.

Menurut dia, upaya-upaya pencegahan misalnya berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penyemprotan cairan Disinsfektan, upaya sanitasi, penyediaan hand sanitizer dilokasi-lokasi keramaian, perkantoran dan sekolah.

“Kemudian memberikan imbauan gotong royong soal kebersihan lingkungan. Bahkan meniadakan 
kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak sebagai langkah antisipasi," tutupnya.





(AFY)