Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

Siswi Penerima Manfaat PKH Kabupaten Lebak Bakal Wakili Indonesia Diajang IISEF Amerika Serikat

Lebak-Banten, Perssigap88.co.id -  
Putri Uswatun Hasanah, anak seorang janda penerima manfaat Peserta Keluarga Harapan (PKH) bakal menjadi duta Indonesia bidang sains. Ia merupakan juara 1 di bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK) dan saat ini masuk menjadi peserta Regeneron Intel International Science and Engeneering Fair (IISEF) tingkat Internasional sebagai delegasi Indonesia yang akan berkompetisi pada tanggal 10-15 Mei 2020 di Anaheim Convention Center, Anaheim, California – Amerika Serikat.

Karya ilmiah dari siswi SMAN 1 Malingping yang memperoleh predikat juara 1 tingkat Nasional bersama kelompoknya tersebut menciptakan pelet limbah sagu (Metroxylon sagu) termodifikasi: Aplikasi pakan buatan pada usaha pembesaran ikan lele dumbo (clarias sp).

Anak dari ibu Rohmah ini tak pernah surut semangat untuk menimba ilmu. Sebaliknya pekerjaan ibunya sebagai buruh tani menguatkan dirinya jika pendidikan itu sangatlah penting.

Namun, saat ditanya rencana keberangkatan dirinya mewakili Indonesia di ajang kompetisi sains Internasional atas hasil pelelitiannya, Emput (panggilan Uswatun Hasanah), hanya bisa menyerahkan pada nasib.

"Jika ikut lomba sains harus mengeluarkan biaya sendiri, terus terang saya tidak mampu, untuk kebutuhan hidup sehari-hari saja kami kesulitan," timpal Rohmah, ibunda Emput.

Baik Emput maupun Rohmah berharap agar biaya kebutuhan selama mengikuti lomba sains tersebut ditanggung pemerintah.

“Saya berharap pemerintah bisa menanggung biaya kegiatan lomba dan ada pihak-pihak yang mau membantu kami, karena keberangkatan ke Amerika butuh dana yang besar. Semoga ada pihak yang peduli terhadap kami dalam pembiayaan ini”, ungkap Emput penuh optimis.

Terpisah, Adi M Yasin, pendamping PKH Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping, merasa bangga dengan Uswatun Hasanah yang mampu mengharumkan nama Kabupaten Lebak dan Propinsi Banten. Dirinya mengaku akan berkoordinasi dengan rekan-rekan kerjanya untuk bisa membantu meringankan biaya anak berprestasi tersebut.

“Kita ketahui bersama bahwa Uswatun Hasanah berasal dari keluarga tidak mampu, dan merupakan anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dengan nomor 360201016050506 di Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping. Suatu kebanggaan yang sangat berarti bagi kami, bahwa anak KPM berprestasi di tingkat Nasional, dan saat ini mau melangkah ke Internasional”, ucap Adi.

Saat dikonfirmasi, M.Fachruddin Kepala SMAN 1 Malingping tempat Emput belajar, membenarkan jika anak didiknya berhak untuk mewakili Indonesia berkompetisi di arena lomba karya ilmiah tingkat Internasional. Pihaknya mengaku telah mengupayakan agar anak didiknya bisa mengikuti kegiatan di kancah Internasional. 

"Kami berharap ada yang perduli agar anak yang akan mewakili Kabupaten Lebak, Provinsi Banten tersebut bisa terbantu hingga mengharumkan dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Tanpa kepedulian semua pihak, yang ada hanyalah harapan semata, dan hal tersebut akan kembali pada Yang Maha Menentukan," ucapnya, Selasa (17/02/2020).




Nar