Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kodim 1203/Ktp Sosialisasikan Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Ale-Ale Khatulitiwa

KETAPANG, Perssigap88.co.id- Melalui sinergi Penthahelix yang sukses guna mewujudkan desa mandiri, di bumi  Khatulistiwa, jajaran Kodam XII/Tanjungpura dalam hal ini Kodim 1203/Ktp menggelar . “Sosialisasi Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa” kepada unsur Tiga Pilar Kab. Ketapang yang berlangsung di Aula Pendopo Bupati Ketapang, Jalan. KH. Agus Salim Kel. Sampit Kec. Delta Pawan Kab. Ketapang. Kamis,(13/02/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Kapok Sahli Kodam XII/ Tpr Kolonel Czi Ari Gemuruh Winardjatmiko, S.E.,M.B.A. (Pemateri), Wakil Bupati Ketapang  Drs.H. Suprapto S., Serta Forkompimda dan para pejabat struktural Kab.Ketapang.

Kapok Sahli Kodam XII/ Tpr Kolonel Czi Ari Gemuruh Winardjatmiko,S.E.,M.B.A, dalam materinya

"Pencanangan Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa merupakan suatu upaya wilayah Kalbar zero asap," jelasnya.

Lanjutnya, Oleh karena itu, Forkopimda harus selalu bekerjasama dan saling bahu-membahu dalam rangka menuju kepada zero asap. 

"Kodam XII/Tpr, membuat suatu program untuk melaksanakan tindakan mitigasi sejak dini, mulai dari tahapan sosialisasi maupun pembentukan organisasi relawan di tingkat desa. Diharapkan melalui organisasi yang berada dipedesaan tersebut, nantinya dapat bekerjasama dengan satgas penanggulangan karhutla," ujarnya. 

Ia menegaskan, Berkaitan dengan desa mandiri TNI bekerjasama dengan kepolisian maupun pemerintah daerah dan seluruh stakeholder yang terlibat, sudah membuat jadwal, mulai bulan Februari sudah bisa beraksi, dengan demikian apa yang menjadi kesepakatan pada pencanangan hari ini, diharapkan pada periode tahun ini tidak ada lagi asap di Kalimantan Barat, walaupun ada itu sangat minim dan juga terukur sesuai dengan kaidah-kaidah yang kita harapkan yaitu tidak mengganggu lingkungan.

Sementara itu Wakil Bupati Ketapang ,Drs H. Suprapto dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih dengan program yang dicanangkan oleh Kodam XII/Tpr dalam rangka untuk meningkatkan status desa menjadi desa mandiri, disamping itu juga berupaya jangan sampai ada Karhutla lagi di Ketapang Kalimantan Barat ini.

“Sinergi dua program ini, Karhutla dan Desa mandiri langit biru, itu sangat baik kita akan mendukung dan sinergitas antara tiga pilar ini yaitu TNI, Kepolisian, Pemda Kabupaten Ketapang serta seluruh Pemda Kabupaten dan provinsi nanti itu akan kita terus tingkatkan dalam rangka kita mencapai target, adanya desa mandiri dan program langit biru ini akan membuat desa semakin maju. Desa semakin berkembang dan masyarakat akan lebih sejahtera kemudian akan bisa menekan angka kemiskinan karena kita lebih mudah menjalankan program-program kita,” Kata wakil Bupati Ketapang.

Selain itu Dandim 1203/Ketapang Letkol Kav Jami’an,S.I.P dalam kata sambutanya mengatakan Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa menitik beratkan kepada penanggulangan bencana di kab. Ketapang terutama karhutla. 

"Tentunya hal ini menjadi sorotan dan titik fokus utama kita semua untuk itu Kodim 1203/Ktp bersama Stakeholder Lainya berharap musibah kebakaran lahan dan hutan di Kab. Ketapang berkurang atau bahkan tidak ada kebakaran di tahun 2020 dengan didasari niat,tekad serta optimis bisa menjadi lebih baik” Tutur Dandim.




(AFY)
"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet