Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

Hiu Bintang Panjang 7 Meter Terdampar Di Pantai Selatan

Lebak-Banten, www.perssigap88.co.id - Setelah beberapa bulan yang lalu ikan hiu terdampar di pantai karang Nawing Desa Pagelaran Kecamatan Malingping, senin pagi 07/10/2019 hal serupa terjadi di pantai selatan Jawa, Samudra Indonesia tepatnya di pantai Kerta Mulya, Lebak Keusik Desa Wanasalam, Kecamatan Wanasalam.

Mendengar informasi ada ikan hiu dengan ukuran panjang kurang lebih 7 meter dengan lebar 3 meter warga langsung berdatangan untuk melihat hewan yang dilindungi tersebut, hingga aparat kepolisian setempatpun datang ke lokasi untuk melakukan pengamanan dari gangguan tangan usil.


Tak sedikit warga berspekulasi terhadap terdamparnya ikan yang tergolong hewan mamalia ini. Ada yang beranggapan tempat habitat lingkungan kehidupan ikan ini terganggu karena kondisi alam, ada yang menyebut karena lingkungannta terganggu ulah manusia, bahkan ada pula yang mengaitkan sebagai gejala alam dan peringatan Tuhan yang harus diwaspadai.

Sangatlah wajar bila terdamparnya hewan laut ini jadi banyak dugaan dari masyarakat tersebut karena sehari sebelumnya hewan laut jenis penyu pun terdampar di pantai wisata Bagedur Kecamatan Malingping dan Pasir Putih Kecamatan Cihara. 

Ketua HNSI Binuangeun-Lebak, Nurman menepis dugaan masyarakat tersebut. Ia mengatakan bahwa terdamparnya ikan tersebut lebih dikarenakan faktor cuaca.

Guna mengantisipasi ha-hal yang tidak diharapkan kemungkinan adanya pencemaran wabah penyakit, ikan hiu yang sudah mati tersebut akan dikubur di sekitar lokasi dengan menggunakan alat berat.

Untuk diketahui ikan menyusui yang bernasib naas ini berjenis ikan hiu paus (rhincodon thypus) pemakan plankton dan merupakan species ikan terbesar. Di sekitar punggungnya terdapat banyak bintik-bintik putih menyerupai bintang sehingga jenis hiu ini ada yang menyebutnya "geger lintang" (Jw, punggung berbintang). Hiu pengembara di samudra tropis dan lautan lepas yang beriklim hangat ini dapat hidup mencapai usia 70 tahun. 


(Fay)

Post a comment for "Hiu Bintang Panjang 7 Meter Terdampar Di Pantai Selatan"