Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

Borong Juara, SMAN 1 Malingping Bakal Wakili Indonesia Di IISEF Amerika Serikat

Lebak- Banten, www.Perssigap88.co.id – Dua tim LKIR Logos SMAN 1 Malingping Kabupaten Lebak berhasil borong juara nasional dalam ajang Indonesia Science Expo 2019 yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tanggal 22 sampai dengan 26 Oktober 2019 bertempat ICE BSD Serpong Tangerang Selatan.

Kedua tim tersebut berhasil meraih juara 1 dan 3 dan berpeluang untuk mengikuti kompetisi Internasional yakni Intel International Science and Engeenering FAIR (IISEF) yang rencananya akan dilaksanakan di Anaheim, California, Amerika Serikat.

“Alhamdulillah tim KIR Logos SMAN 1 Malingping mendapatkan prestasi terbaik dan berpeluang mewakili Indonesia di Internasional, namun untuk waktu dan tempatnya ini akan di konfirmasikan kembali setelah tahapan berikutnya,” kata wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Tedjo Indoko, kepada waratawan, belum lama ini.

Dikatakan Tedjo, kedua tim tersebut terdiri dari tim putra dan putri. Tim pertama yaitu tim putri diwakili Uswatun Hasanah dan Widya Wardiatul Aini sebagai pemenang 1 LKIR 2019 Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK) dengan judul “Pelet Limbah Sagu (Metroxylon sagu) Termodifikasi: Aplikasi Pakan Buatan Pada Usaha Pembesaran Ikan Lele Dumbo (Clarias sp.)”  mendapatkan piala emas, piagam penghargaan, tabungan BRI Britama senilai Rp13.000.000,- dan beasiswa Kursus bahasa Jerman/Prancis dari Euro Management senilai Rp19.900.000,-.

Selanjutnya peluang kedua tim putra diwakili Khalfi Prayoga dan Muhamad Rizki Hadi Pratama sebagai pemenang 3 LKIR 2019 Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) dengan judul “Pemanfaatan Limbah Media Tanam (Baglog) Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) untuk Komposit Berbasis Miselium Jamur Lingzhi (Genoderma lucidium) berhak juga mendapatkan piala perunggu, piagam penghargaan, tabungan BRI Britama senilai Rp 8.000.000,- dan beasiswa Kursus Bahasa Jerman/Prancis dari Euro Management senilai Rp19.900.000,-.

“Selain itu pendamping dari SMAN 1 Malingping juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengikuti ajang internasional atas nama Moh. Indra Surya Laksana, untuk mendampingi peserta pada kompetisi Internasional IISEF (Intel International Science and Engineering Fair).

Lanjut Tejo, sebagai bukti keseriusan pihak sekolah akan terus memberikan dukungan dalam persiapan selanjutnya berupa dispensasi dan fasilitas lainnya sekemampuan sekolah selama persiapan mengikuti ajang internasional tersebut.

Sementara itu, Kepsek SMAN 1 Malingping,H.Endi Rusli Sungkawa, kepada wartawan mengatakan keberhasilan siswanya ini tentu bukan hanya mengarumkan nama sekolah, dan keluarga namun semua pihak terkait juga merasa terangkat termasuk negara Indonesia, sebab kompetisi ini akan diikuti beberapa negara, oleh karenanya selama persiapan jelang komptisi tersebut selain terus memotivasi dan membina untuk lebih berinovasi dalam karyanya yang terbaik, dan pihak sekolah juga akan berupaya memberikan fasilitas terutama kebutuhan belajar siswa selama persiapan jelang kompetisi.

“Sebagaimana diketahui bersama, penghargaan yang diberikan LIPI dan Euro Management kepada tim KIR Logos SMAN 1 Malingping berbentuk beasiswa kursus Bahasa Jerman dan Perancis senilai Rp19.900.000,- selama 6 bulan sebagai upaya persiapan mengikuti ajang internasional, pihak sekolah berharap dalam perjalanannya nanti semua berjalan dengan baik dan akhirnya bisa mengharumkan nama Indonesia dikancah internasional. Tentu dengan sendirinya sekolah SMAN 1 Malingping menjadi terangkat dan diperhitungkan oleh sekolah lainnya bukan hanya nasioanal namun di internasioanal juga,” katanya.

Selain itu menurut Endi, keberhasilan ini jelas buah perjuangan dan kerja keras dari tim KIR Logos termasuk pembinanya yang serius dalam belajar dan membina sehingga menghasilkan yang terbaik.

“Tidak ada batasan untuk terus berkarya dan berinovasi dalam mniciptakan ide dan gagasannya salahsatunya dibidang penelitian ini,” ujarnya.



 (Fay)

Post a comment for "Borong Juara, SMAN 1 Malingping Bakal Wakili Indonesia Di IISEF Amerika Serikat"