Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seren Tahun Kesatuan Sesepuh Adat Cisitu Banten Kidul 2019 "Ngajaga Ngaraksa Ngariksa Warga"


LEBAK-BANTEN. Delapan.co.id  - Kesatuan sesepuh adat Cisitu Banten Kidul usai merayakan seren tahun, adapun rangkaian acaranya di laksanakan mulai hari Senin tanggal 19 s/d 26 Agustus 2019. Pada acara seren tahun di pusatkan di komflek pasilitas adat kasepuhan Cisitu yang di pimpin Olot Hm Okri. Acara tersebut di laksanakan selama 8 hari 8 malam dan di isi oleh acara-acara adat, permainan sepak bola yg memperebutkan piala bergulir dan uang pembinaan. Pada malam harinya di ramaikan oleh berbagai kesenian seperti Seni Kolaborasi Calung, Band Momonon, Topeng, Jipeng, Wayang Golek, dan Gondang Lesung. Pada acara puncak hari minggu tgl 24/8/19 acara pawai dan kirab budaya yg di ikuti ribuan peserta dan di iringi berbagai kesenian di lanjutkan upacara penyambutan kepada peserta kirab budaya dan tamu undangan secara adat yg di iringi kacapi suling dan pentas Gendang Penca, upacara seserahan kepada ketua adat Olot HM Okri di lanjutkan temu wicara antara pemerintah dan masyarakat adat dan upacara ampih pare ka leuit.

Ketua panitia umum seren tahun Cisitu dan sekretaris lembaga adat kasepuhan Cisitu, H. Yoyo Yohenda yang juga anak kandung  Olot HM. Okri, mengatakan.
"Seren tahun kali ini di laksanakan secara serentak di 5 kasepuhan, yaitu; Olot HM. Okri, Olot Marja, Abah Undari, Olot Johanas dan Olot Suna. Dan di bantu oleh kepanitiaan dari utusan masing-masing kasepuhan yakni; Sdr Sunandar, Sdr Endang, Sdr Indra dan Amil Ohan serta di bantu oleh Kepala Desa Kujangsari Yogandi dan Kepala Desa Situmulya Lili," katanya.

H. Yoyo Yohendra juga menegaskan. "Lembaga adat kasepuhan Cisitu telah memiliki kedaulatan sendiri, tidak ketergantungan dan di atur oleh yang lainnya serta telah memiliki batas wilayah adat yang jelas dan tidak boleh interfensi." Tandasnya.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Propinsi Banten, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada lembaga adat kasepuhan Cisitu dan mengajak kepada semua pihak untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya warisan asli Bangsa Indonesia. 

Selain itu, Ketua DPRD Lebak, Junaedi Ibnu Jarta, dalam sambutannya akan selalu membantu kepada lembaga adat kasepuhan Cisitu supaya dapat merasakan keadilan dan kemerdekaan yang hakiki sesuai cita-cita para pendiri negeri sehingga di harapkan rakyat di sini menjadi subur dan makmur.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dalam sambutannya mengatakan bahwa kasepuhan Cisitu memiliki potensi wisata yang bagus sehingga bisa di kembangkan menjadi wisata budaya adat kasepuhan Cisitu supaya makin banyak pengunjung yang pada gilirannya dapat memberikan dampak positif buat ekonomi masyarakat di sekitarnya. Delapan.co.id


Reporter: Zex.

Posting Komentar untuk "Seren Tahun Kesatuan Sesepuh Adat Cisitu Banten Kidul 2019 "Ngajaga Ngaraksa Ngariksa Warga" "

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet