Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dari Bahan Jerami Petani Desa Sukasenang Berlatih Membuat Pupuk Sendiri

Banten, Perssigap88.co.id - Petani di Desa Sukasenang Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak, Banten mendapatkan perhatian membuat pupuk dari bahan jerami padi pada Rabu (30/03/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di sekretariat Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sukasenang dan menghadirkan pengurus kelompok dengan membawa anggotanya masing-masing.


Yogi Maulansyah, S.P  selaku penyuluh pertanian yang bertugas di Desa Sukasenang tersebut mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi kekurangan pupuk di pasaran ditambah juga harga yang mahal. 

"Maka pada hari ini saya selaku penyuluh pertanian Kecamatan Cijaku berinisiatif untuk membuat opsi lain dengan cara membuat pupuk yang bahannya mudah ditemukan oleh petani itu sendiri. Bahan-bahan dasarnya itu sendiri kita pakai seperti jerami, pupuk kandang (kotoran kambing), gula merah yang sudah dimasak dicampur air, dan sedikit nasi untuk membuat bahan utama yang mana bahan-bahan ini mudah didapat," tutur Yogi.

Yogi berharap dari hasil pelatihan ini bisa membantu para petani dalam mengatasi ketersediaan pupuk.

"Nantinya hasil pelatihan membuat pupuk ini supaya para petani bisa membuat pupuk sendiri minimal untuk dirinya sendiri," ujarnya.

Kata Yogi, bahwa pembuatan pupuk dari bahan-bahan tersebut menghasilkan pupuk jenis NPK.

Sementara itu, Sudin selaku petani yang mengikuti kegiatan ini mengungkapkan dirinya sangat bersyukur atas kegiatan yang dilakukan oleh penyuluh pertanian tersebut.

"Saya sangat bersyukur karena dengan adanya pelatihan pembuatan pupuk ini saya bisa terbantu dan sangat bermanfaat buat saya sebagi petani, apalagi pupuk mahal juga sulit didapatkan. Dengan opsi ini saya bisa membuatnya sendiri, apalagi pelatihan ini menghasilkan pupuk jenis NPK, jadi ga harus beli pupuk mahal lagi pak kalo kita sudah bisa membuat pupuk yang sudah diajarkan tadi," ucap Sudin. 

 (Fay)


Wastap Redaksi : 085231450077


 

Posting Komentar untuk "Dari Bahan Jerami Petani Desa Sukasenang Berlatih Membuat Pupuk Sendiri"

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet