Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diserbu Mahasiswa, Kapolresta Tangerang Duduk di Jalanan

Banten, Perssigap88.co.id - Solidaritas dan keberanian mahasiswa dalam menyuarakan aspirasinya patut dibanggakan, meski terkadang mereka harus berhadapan dengan hukum, bahkan mengalami hal-hal yang tidak pernah diharapkan sekalipun. 


Diberitakan ratusan mahasiswa yang terbagung dalam Gerakan Mahasiswa Tangerang kembali menggelar aksi unjuk rasa, di Puspemkab Tangerang, Jumat (15/10/2021). Selain menuntut Kapolresta Tangerang mundur, para mahasiswa juga meminta Propam Polda Banten memberikan sanksi tegas terhadap pelaku pembantingan mahasiswa saat unjuk rasa pada HUT Kabupaten Tangerang ke-389 beberapa waktu lalu. 

Gelombang pertama aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa ini dihalau polisi di depan gedung Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang.

Setelah melakukan mediasi dengan Kapolresta Tangerang, para mahasiswa membubarkan diri secara tertib.

Sementara kelompok mahasiswa lainnya yang menamakan diri Gerakan Mahasiswa Tangerang kembali datang berunjuk rasa. Para masa aksi yang ingin bertemu Kapolresta Tangerang kembali dihalau polisi di depan gedung lingkup PU Puspemkab Tangerang.

Koordinator aksi Firmansyah menyampaikan dua tuntutan yakni Kapolresta Tangerang mundur dari jabatannya dan berikan sanksi tegas kepada oknum polisi pelaku pembantingan mahasiswa. Jika tuntutan ini tidak segera ditindaklanjuti, mahasiswa akan terus melakukan aksi demonstrasi.

"Kami menyampaikan dua tuntutan yakni Kapolresta Tangerang mundur dari jabatannya dan tindak tegas oknum polisi yang membanting mahasiswa saat aksi unjukrasa pada HUT Kabupaten Tangerang ke-389 kemarin," ujar Firmansyah. 

Hal senada disampaikan mahasiswa lainya yakni Gilang Purnama. Menurut Gilang, tindakan yang dilakukan oknum polisi kepada mahasiswa merupakan tindakan represif yang melebihi batas. Atas tindakan represif polisi ini, satu mahasiswa yakni saudara Faris harus menjalani perawatan di rumah sakit Ciputra hingga hari ini.

"Saya mendesak kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas oknum yang melakukan tindakan represif kepada mahasiswa. Kami akan terus mengawal kasus ini hingga ada putusan," tegasnya. 

Kapolresta Tangerang Kombespol Wahyu Sri Bintoro menerima langsung mahasiswa yang menggelar aksi unjukrasa. Kapolres duduk bareng bersama mahasiswa di jalanan untuk berdiskusi langsung.

"Terkait Brigadir NP pelaku pembantingan terhadap mahasiswa kasusnya tengah ditangani Propam Polda Banten. Kita tunggu saja hasilnya. Sementara rekan mahasiwa yang menjadi korban pembantingan tengah menjalani perawatan medis, kami bersama pak bupati menjamin pengobatannya," ujar Kapolresta Tangerang.

Menyikapi tuntutan mahasiswa untuk dirinya mundur dari jabatan Kapolresta Tangerang, itu akan dilakukan jika kejadian yang sama terjadi lagi pada aksi unjukrasa yang dilakukan oleh mahasiswa maupun masyarakat umum lainnya.

"Saya siap mundur dari jabatan jika kejadian serupa terulang lagi baik kepada rekan-rekan mahasiswa maupun kepada masyarakat umum. Saya sudah tegaskan kepada anggota untuk melakukan pengamanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan," tegasnya.  




(Red/JD)




Wastap Redaksi : 085231450077


 

Posting Komentar untuk "Diserbu Mahasiswa, Kapolresta Tangerang Duduk di Jalanan"

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet