Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masa Cuti Calon Kades dari Petahana di Lebak Dikritisi Aktivis

Banten, Perssigap88.co.id - Aktivis Lebak Selatan (Baksel), mengkritisi kebijakan terkait masa dimulainya cuti calon Kades yang berasal dari Petahana. Padahal tahapan-tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Lebak 2021 sudah dilaksanakan, dimulai sejak pembentukan panitia Pilkades dan pendaftaran calon Kades.


Hal ini diungkapkan Hida Nurhidayat, aktivis Lebak selatan dengan mengkritisi kebijakan yang menentukan calon Kades dari petahana cuti setelah adanya penetapan sebagai calon Kades oleh panitia pemilihan.

"Seharusnya cuti Kades Petahana dimulai pada saat tahapan Pilkades dimulai. Kalau cuti dimulai semenjak ditetapkan sebagai calon, banyak tahapan sebelumnya calon Kades Petahana masih menjabat sebagai Kades, hal ini sangat riskan karena Petahana masih punya pengaruh dan kekuasaan," ujar Hida, Jumat (02/07/2021).

Kata Hida, saat panitia pilkades sudah terbentuk, kemudian panitia Pilkades membentuk tim coklit yang biasanya diambil juga dari para ketua RT, tetapi satu hal, Kades sebagai Petahana belum di-PLh-kan.

"Bukankah  Kepala Desa saat ini masih punya ruang untuk mengatur panitia pilkades juga para RT, sekalipun sudah ada Perbup? Bukankah tidak menutup kemungkinan juga beberapa panitia dan para RT melakukan rapat-rapat dengan Kades sang incumbent, yang padahal dibutuhkan dan diharapkan sekali oleh masyarakat soal netralitasnya?," cetusnya.

Hida mengkhawatirkan, masih adanya pengaruh dan kekuasaan yang menguntungkan bagi Kades Petahana.

"Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi calon Kades Petahana, dirinya masih mempunyai pengaruh dan kekuasaan sebagai Kades. Kedua, demokrasi dan netralitas akan sangat berpengaruh, terutama terhadap pemerintahan desa, lembaga desa, RTRW, panitia dan lain sebagainya," pungkasnya.

Sementara itu, Kadis DPMD Kabupaten Lebak saat dikonfirmasi wartawan melalui WhatsApp messenger untuk diminta tanggapannya, tidak membalas pesan.



(Red)





 

Posting Komentar untuk "Masa Cuti Calon Kades dari Petahana di Lebak Dikritisi Aktivis "

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet