TK Dan PAUD Desa Amorosa Tidak Pernah Aktif Tetapi Menerima Dana Bos Dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara - www.perssigap88.co.id
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer




TK Dan PAUD Desa Amorosa Tidak Pernah Aktif Tetapi Menerima Dana Bos Dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara

Nias Selatan - www.perssigap88.co.id. Masih ingat mengenai berita Gedung Sekolah TK PAUD dijadikan rumah kontrakan dua pekan lalu, yang Tidak Pernah Aktif semenjak dibangun tapi para guru mendapatkan honor anggaran nya dari dana desa. Dari Informasi yang didapat kru media sigap88 dan hasil konfirmasi terhadap masyarakat sekitar di lapangan yang Tidak mau nama nya dimuat diberita Minggu.21/02/2020. Ternyata Gedung Sekolah TK PAUD yang Tidak Pernah Aktif, yang berada di Desa Amorosa Kecamatan Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan provinsi Sumatera Utara bukan hanya mendapat kucuran dana dari Dana Desa untuk pembayaran honor guru,tetapi salah satu TK PAUD di Kabupaten Nias Selatan yang menerima dana Bos dari dinas pendidikan provinsi Sumatera Utara, ucap salah seorang masyarakat kesal.


Masyarakat Desa Amoroso menjelaskan kepada wartawan bahwa hasil penemuan Data-Data yang didapat dari dapodik provinsi Sumatera Utara baru baru ini ternyata TK PAUD Desa Amoroso menerima kucuran dana Bos dari dinas pendidikan provinsi Sumatera Utara. Dengan bermodalkan Penerbitan SK Izin operasional Bupati Nias Selatan pada tanggal 17-Februari-2012. 

Dana Bos yang diterima TK PAUD sesuai jumlah siswa/i keseluruhan 28 siwa dan siswi dengan perincian penerima persisnya tiap tahun Rp.800.000.00 (Delapan Ratus Ribu Rupiah) di kali 28 orang sehingga tiap tahun TK PAUD menerima dana Bos sebesar Rp.22.400.000 (Dua Puluh Dua Juta Empat Ratus Ribu Rupiah) yang dimana pencairan dana Bos ditarik dari Bank BRI teluk dalam per triwulan sebesar Rp.7.466.000 (Tujuh Juta Empat Ratus Enam Puluh Enam Rupiah). Sehingga kami masyarakat desa amorosa bertanya tanya dikemanakan dana Bos tersebut oleh kepala sekolah mau pun kepala desa. Sebab kami selama ini tidak tahuh siapa nama guru TK PAUD tersebut, setelah kami mendapatkan Data Data dari dapodik baru lah kami mengetahui siapa nama kepala sekolah dan operator sekolah TK PAUD di Desa amorosa kecamatan ulunoyo kabupaten nias selatan. Berikut rincian data dapodik dari dinas pendidikan yang kami dapat : Kepala Sekolah An. YETIMA NDRURU. Operator : An. RINTO Laia. Siswa Laki Laki : 9. Siswa Perempuan : 17. Ruang Belajar : 1. Kurikulum : 2013. Semester Data : 2019/2020-2. NPSN : 69901418. Status : Negeri. Bentuk Pendidikan :KB. Daya Listrik : 900. Luas Tanah : 200 M². SK Bupati Nias Selatan Tanggal penerbitan SK IZIN Operasional : 17-02-2012. Dari data yang sudah kami temukan diketahui semenjak terbit nya SK tersebut sampai saat ini dana Bos yang diterima pihak sekolah TK PAUD selama 8 Tahun adalah sebesar Rp.179.200.000 (Seratus Tujuh Puluh Sembilan Juta Dua Ratus Ribu Rupiah). 

Dengan ada nya data-data tersebut ditangan kami, sehingga beberapa masyarakat desa amorosa secepatnya untuk segera melapor kan kasus ini ke pihak kepolisian dan kejaksaan teluk dalam, dan setelah itu baru kami akan melaporkan tentang dana desa TA 2020 tinggal menunggu beberapa data data tentang dana desa tersebut baru kami naikkan laporan penyalahgunaan Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa TA 2020. 

Sebab kami masyarakat desa amoroso tidak ingin desa kami menjadi desa disebut desa korupsi. Dan kami juga mengharapkan kepada teman teman media maupun lembaga dapat membantu serta mendukung kami dalam melaporkan penggelapan Dana Bos TK PAUD ini agar desa kami bersih dari yang namanya korupsi, tutur masyarakat kepada wartawan saat diwawancarai.


 ( F.Laia )