Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

"Aneh" Ketua Poktan Tidak Pernah Buat Proposal Bantuan Tapi Selalu Dapat

Lumajang Perssigap88  - Bantuan hibah yang dari pemerintah untuk kesejahteraan para petani di seluruh Indonesia selalu dikucurkan di setiap tahun dari pemerintah pusat melalui dinas pertanian setempat, Melalui pengajuan kelompok tani di tingkat kota ataupun desa.
Lain hal nya dengan kelompok tani yang berada di lokasi desa kali semut. kec padang, kab Lumajang, yang di beri nama kelompok Tani Mulyodadi .Ketua kelompok tani (Poktan) atas nama Sumar Mengaku tidak pernah mengajukan bantuan namun aneh bisa mendapatkan bantuan 3 unit jenis alat mesin pertanian,
1.hantractor  Rp.24.610.0000.00.
2.tranplanter Rp.69.798.500.
3.combini harfester Rp.107.900.000.00.
alat mesin pertanian (alsintan) bantuan tersebut berada dirumahnya Sumar ketua kelompok tani (poktan), tapi hanya terbengkalai tak berguna bak bangkai mesin di halaman rumah nya.

Begini ungkap ketua kelompok "Saya tidak merasa mengajukan proposal bantuan tersebut, tiba tiba saja ada yang mengantarkan alat tersebut kesini, alat mesin pertanian nya tidak cocok dengan tanah pertanian sini jadi tidak digunakan dan difungsikan mas" cetus Sumar ketua Poktan.

Dilain pihak sekertaris kelompok pertanian Susi yang dia sendiri diduga anak dari Sumar ketua kelompok punya hubungan dekat dengan orang kecamatan bidang penyuluhan pertanian lapangan.

"Kita orang awam tidak tahu itu, di desa ini ada 5 kelompok tani, semua sama pengajuan nya kita pasrahkan ke Ibu Mul selaku penyuluhan pertanian lapangan (PPL) kecamatan, kita minta alsintan yang kecil kok datang nya yang besar, jadi disini tidak bisa dipakai" jelas Susi

Usai rekan media dan lembaga provinsi konfirmasi perihal tersebut, di hubungi oleh ibu Mul (PPL) namun yang bicara Sugeng selakku UPT kecamatan, dengan nada kasar dilontarkan kepada rekan lembaga provinsi via telpon.
"Silahkan mas angkat berita nya " geram nya.

Menurut Agus dari lembaga provinsi, "yang seperti ini ada dugaan oknum yang bermain dan ingin memperkaya diri, ini pemborosan uang negara, seharusnya pihak Penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan pejabat bidang pertanian, kostrad (komando strategi pertanian). bekerja sesuai petunjuk teknis (juknis) agar bantuan dari pemerintah untuk pertanian di kota ataupun desa tepat sasaran sesuai peruntukannya dan harus ada wujudnya bantuan  tersebut serta kwitansi secara resmi agar tidak berurusan dengan hukum".



Bersambung


Redaksi













Posting Komentar untuk ""Aneh" Ketua Poktan Tidak Pernah Buat Proposal Bantuan Tapi Selalu Dapat"

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet