Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

Sulitnya Lowongan Kerja Dimasa Kini

Opini kota Bali  Perssigap88.co.id     |    Hingga tahun 2001, saya menumpang tinggal di rumah kontrakan adik saya di Jalan Akasia XVI, Tanjung Bungkak. Adik saya yang perempuan ini bekerja di restoran sedangkan suaminya penyalur bahan bangunan pasir dan batu bisa di bilang pekerja kasar, Dengan seorang anak bayi perempuan dan seorang PRT, kami berlima menghuni rumah kecil itu.

Iseng-iseng aku buka koran Bali Post guna untuk mencari lowongan kerja, Lowongan pertama dari sebuah bank swasta nasional yang cukup ternama, Setelah saya melamar ternyata sebuah lowongan yang datangnya dari sebuah Bank Dagang di Bali. Sayapum ikut tes. Peminat tes sekitar 300 yang lulusan S1 dan 300 lulusan D3 sehingga Saya menerima ke gagal tak diterima.

Lowongan yang kedua dari perusahaan teh botol Sosro yang berlokasi di Gianyar, tampa pikir panjang pun Saya ikut seleksi. Peminatnya mang sedikit karena dibutuhkan tenaga sarjana elektro. Tetapi soal tes sangatlah sulit menggunakan laboratorium psikologi UI. Sehingga akupun Kembali tidak lolos seleksi.

Lowongan ketiga adalah insinyur elektro arus kuat dan arus lemah dari NEC Indonesia. Saya mencoba ikut tes. Pesertanya hanya 2 orang insiyur. Tetapi tes materinya tidak ada di bangku kuliah saya sehingga saya tidak bisa jawab. Lagi-lagi saya tidak berhasil.

Akhirnya saya ikut training 4 hari di perusahaan Amerika tempat teman saya bekerja.



Penulis




I Wayan Budiartawan