Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
test

Ribuan Santri Di Malingping Sambut HSN

Lebak-Banten, www.Perssigap88.co.id -  Ribuan santri dari tiap Pondok Pesantren (Ponpes) di Malingping tumpah ruah meriahkan Hari Santri Nasional (HSN) yang digelar di alun-alun kecamatan Malingping, Selasa (22/10/2019). 

Pantauan, kegiatan diisi dengan upacara seremoni, pawai karnaval santri, perlombaan khas pesantren dan pada malam harinya diisi istighosah dan tausyiah.

Ketua Panita HSN Kecamatan Malingping, Hambali kepada wartawan menjelaskan, gelar upacara dilaksanakan pagi hari yang dilanjutkan dengan kirab pawai para santri dari setiap Ponpes. Selanjutnya, acara diisi perlombaan ala pesantren dan berbagai kegiatan lainnya.

"Setelah upacara, kita pawai santri, lalu perlombaan, seperti lomba baca kitab kuning, lomba baca barjanji, cerdas cermat keagamaan dan lomba ngaliwet," ujar Hambali.

Ketua GP Anshor Kecamatan Malingping ini menambahkan, bahwa kegiatan tersebut di selenggarakan Muspika Malingping, PHBI, MUI, pondok pesantren, ormas Islam, dan didukung semua elemen masyarakat.

Kata dia, acara berlangsung hingga malam, "Insya Allah acara akan berlangsung hingga malam, akan diisi oleh doa istighotsah bersama para santri, alim ulama dan semua komponen masyarakat. Setelah itu akan di gelar pula tausyiah. Dan kami haturkan terima kasih untuk semua pihak yang turut berpartisipasi," paparnya.

Di tempat yang sama, KH.Aly Su'udi pengasuh pondok pesantren Dar El Fikri mengaku sebagai masyarakat pesantren merasa dihargai dengan diadakannya kegiatan hari santri seperti ini.

"Kami selaku masyarakat pesantren merasa sangat di hargai oleh pemerintah atas adanya hari santri ini, ini bukti bahwa peran pesantren telah diakui secara sah sebagai bagian dari elemen masyarakat yg turut mengukir sejarah lahirnya NKRI. Dg adanya perayaan hari santri kaum santri punya ruang utk meng ekspresikan semangat dan bakat minatnya sehingga semarak NKRI dg wajah tradisional khas santri menghiasi wajah NKRI makin membumi," ucapnya.

Selanjutnya Kiyai Intelek ini berharap ke depan ada upaya pemerintah utk bersinergi dg kaum santri lebih konkrit yg manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat lebih luas lagi.

Sementara itu, Camat Kecamatan Malingping, Cece Sahroni sangat merespon adanya kegiatan hari santri yang dibarengi dengan menampilkan berbagai lomba yang bersifat edukasi khas santri ini.

"Saya sangat menyambut kegiatan hari santri ini dan ke depan harus dibudayakan dengan melibatkan semua elemen masyarakat," imbuh Cece.




(Fay)

Post a comment for "Ribuan Santri Di Malingping Sambut HSN"